01 August 2019

Jalan Menuju Stasiun Bakal Diperlebar, Anggaran Rp 1 Miliar Disiapkan

Jalan Menuju Stasiun Bakal Diperlebar, Anggaran Rp 1 Miliar Disiapkan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Rencana pelebaran jalan menuju Stasiun Kebumen untuk diperlebar bakal terealisasi. Pemkab Kebumen melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mengalokasikan Rp 1 miliar dari APBD Kebumen. Rencananya, pelebaran jalan bakal dilakukan pada APBD Perubahan tahun 2019.

Peningkatan kualitas jalan tersebut sepanjang 630 meter. Mulai dari jalan masuk di Jalan Pemuda Kebumen hingga hotel Mexolie Kebumen. Kendati demikian, tidak semua jalan akan diperlebar. Dimana, pelebaran hanya untuk ruas jalan sepanjang 350 meter sedangkan sisanya peningkatan kualitas.

Rencananya, pelebaran jalan dari 4 meter menjadi 7,5 meter mulai dari Jalan Pemuda hingga pintu gerbang stasiun. Sedangkan selanjutnya hingga pertigaan belakang Kodim 0709, diperlebar menjadi 6 meter. Sisanya hingga belakang Hotel Mexolie hanya ada peningkatan kualitas jalan tanpa pelebaran.

Kepala DPUPR Kebumen Haryono Wahyudi melalui Kabid Bina Marga Hanna Widiawati mengatakan, tanah yang akan digunakan untuk pelebaran jalan merupakan milik PT KAI. Terkait hal tersebut, Pemkab telah ada MoU dengan PT KAI. Pihaknya juga dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan PT KAI kembali mengenai rencana pembangunan.

"Kalau APBD Perubahan sudah disetujui kami akan konsultasi ke ULP untuk pelelangan," katanya, Rabu (31/7/2019).

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Edi Rianto mengatakan, pada tahun 2020 Pemkab melalui Dinas Perkim LH berencana akan membangun taman di depan stasiun. Taman tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Selain itu juga akan dibangun shelter untuk moda transportasi umum. (Sorotkebumen)


Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2019 Berita Kebumen Online | All Right Reserved