07 July 2019

Pertama Kalinya Kebumen Rayakan Hari Jadi di Bulan Agustus. Inilah Logo Resminya

Pertama Kalinya Kebumen Rayakan Hari Jadi di Bulan Agustus. Inilah Logo Resminya

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Tahun ini adalah pertama kalinya Kabupaten Kebumen merayakan hari jadinya di bulan Agustus. Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang semula 1 Januari 1936 kini diubah menjadi 21 Agustus 1629 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 3 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen.

Maka terhitung mulai 21 Agustus 2019 Kabupaten Kebumen genap berusia 390 tahun.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Kebumen secara resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen.

Inilah logo Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen. Logo tersebut dapat diunduh pada laman bag-humas.kebumenkab.go.id

Logo resmi ini merupakan pemenang pada Lomba Cipta Logo Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke-390 yang diselanggarakan oleh Bagian Humas Setda Kebumen. Penciptanya adalah Daffa Ibnu asal Kediri, Jawa Timur.

Logo tersebut sebagai simbol yang mengandung beberapa arti khusus. Warna dasar pada logo ini biru yang melambangkan ketenangan. Sedangan tulisan 390 mencerminkan Kabupaten Kebumen sebagai agrocity of Java yang memiliki banyak potensi.

Kemudian, bentuk perahu mencerminkan keunggulan dari sektor perikanan. Selanjutnya, pegunungan mencerminkan keunggulan dari sektor perkebunan dan pertanian. Adapun warna emas melambangkan kemakmuran.

Sekilas sejarah lahirnya Kabupaten Kebumen.

Cikal bakal berdirinya Kabupaten Kebumen tak terpisahkan dari sosok Kiai Brodonolo. Sosok kepahlawanan Kiai Brodonolo yang berperan penting dalam membantu Sultan Agung ketika hendak menyerang kolonial Belanda di Batavia.

Kiai Bodronolo adalah utusan kerajaan Mataram yang diberi amanah oleh Sultan Agung untuk mempersiapkan perbekalan logistik buat prajurit Mataram yang akan berperang melawan kolonial Belanda.

Mendapat titah dari Sultan Agung maka Kiai Brodonolo menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan memusatkan perbekalan logistik di wilayah Panjer Kebumen.

Atas jasanya tersebut maka Sultan Agung pun memberikan penghargaan kepada Kiai Brodonolo sebagai Kiai Ageng Gede Panjer sekaligus diberikan kekuasaan sepenuhnya untuk memimpin wilayah Panjer.

Mendasari kisah sejarah kepahlawanan Kiai Brodonolo maka Pemerintah Kabupaten Kebumen melakukan penelusuran, penelitian dan pengkajian yang mendalam sebelum ditetapkannya hari jadi Kabupaten Kebumen yakni 21 Agustus 1629.



Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2019 Berita Kebumen Online | All Right Reserved