19 February 2019

Ada Kirab Budaya Cap Go Meh di Kebumen Siang Ini

Ada Kirab Budaya Cap Go Meh di Kebumen Siang Ini

Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Perayaan Cap Go Meh di Kebumen akan dirayakan komunitas Tionghoa siang ini, Selasa, 19 Februari 2019. Berbagai acara digelar untuk memeriahkan hari ke-15 tahun baru imlek 2570.

Diantaranya, akan ada kirab budaya, makan malam bersama di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen. Dilanjutkan dengan atraksi liong dan barongsai, dan pesta kembang api.

Ketua Yayasan TITD Kong Hwie Kiong Kebumen, Sugeng Budiawan, menjelaskan kirab budaya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Rombongan kirab akan berangkat dari halaman Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen, menuju Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, Jalan Pahlawan, Jalan S Parman (samping SMP 5). Kemudian, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Kolonel Sugiono dan kembali ke Klenteng Kong Hwie Kiong.

"Kegiatan ini merupakan puncak penutupan perayaan Imlek 2570 atau biasa dikenal dengan tradisi Cap Gomeh," terang Sugeng Budiawan.

Pada Kirab Budaya Cap Go Meh akan dimeriahkan dengan penampilan barongsai, liong, hingga kelompok kesenian di Kebumen. Selain itu, patung para Dewa dan Dewi yang selama ini berada di dalam klenteng juga akan dikeluarkan dan ikut dikirab keliling Kota Kebumen.

Tak hanya patung Dewa Dewi dari Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen, acara tersebut juga mengundang tuan rumah Klenteng Hok Tek Bio Gombong, Kong Co 'Hok Tek Cin Sin' atau disebut sebagai Dewa Bumi.

"Nanti malam akan ada pesta kembang api di Klenteng Kong Hwi Kiong Kebumen," imbuhnya.


Sumber : inikebumen



Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2019 Berita Kebumen Online | All Right Reserved