=========== Baca Juga :===========


Kreatif!! Hasim mengendalikan Mesin Traktor dengan menggunakan Remote Control

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Beredar video viral di sosial media Facebook, dalam video tersebut terlihat seorang pria sedang mengendalikan sebuah mesin Traktor dengan menggunakan remote control saat membajak sawah. Pria tersebut sama sekali tidak turun ke sawah.

Video tersebut diunggah oleh akun facebook bernama Jengid Chandra Geni dengan durasi 3 menit 24 detik pada 15 November 2018 Pukul 20.00 WIB. Ketika artikel ini ditulis, video unggannya sudah ditonton sebanyak 845.797 Tayangan, disukai sebanyak 6200 like, dibagikan sebanyak 18.819 kali dan sudah lebih dari seribu komentar, angka-angka tersebut masih akan terus bertambah. 

Pemilik akun facebook tersebut bernama Wakhid Hasim (34) berasal dari Desa Tepakyang, Adimulyo, Kebumen. Sekaligus perakit traktor beremote control tersebut. Traktornya Ia modifikasi sendiri secara otodidak, dan beberapa kali mendapat pencerahan dari grup Aeromodeling Kebumen. Ia sama sekali tidak memahami mikrokontroler apalagi coding-coding. 

"Saya menyelesaikannya secara otodidak, dan saya suka minta pencerahan di grup Aeromodeling Kebumen, sama Om Soleh, Om Djoni, dan Om Khanif", tutur Hasim yang kesehariannya sebagai tukang elektronika saat dihubungi team BeritaKebumen.info. 

Ia menjelaskan, jika traktor modifikasinya, diselesaikan sekitar sebulan. 2-3 minggu nunggu onderdilnya datang, dan pengerjaan pada mesin traktornya sekitar seminggu. Dan mesin traktor hasil modifikasinya telah digunakan untuk membajak sawah. Bukan lagi uji coba.

"Ini sudah membajak sawah dengan luasan sekitar  2000 ubin. Namun tetap ada yang dilakukan secara manual, yakni ketika membajak yang bagian tepi tanggul sawah, agar tidak menabrak tanggul", lanjut Pria yang merupakan lulusan SMK Maarif 1 Kebumen pada tahun 2005 ini, sambil menjelaskan batasan dari traktor modifikasinya.

Berikut video viral dari postingan Jengid Chandra Geni :



Semoga bisa menjadi motivasi buat warga Kebumen lainnya, agar bisa kreatif, dan hasilnya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Seperti yang dilakukan Hasim, memudahkan kerja sopir traktor.  


Reporter : Yogi P | Bk 02


Post a Comment

Powered by Blogger.