=========== Baca Juga :===========


Foto: sudarno ahmad/ekspres
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak seribu santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di wisuda di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Senin (22/10/2018). Wisuda dilakukan dalam rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional 2018.

Kabag Kesra Setda Kebumen, Wahib Tamam, mengatakan seribu santri yang diwisuda merupakan perwakilan dari 26 kecamatan di Kabupaten Kebumen. Kecamatan yang mengirimkan perwakilan terbanyak pada wisuda itu, yakni Kecamatan Kebumen sebanyak 200 santri. Kemudian, Pejagoan, Sruweng, Kutowinangun, Buluspesantren dan Alian, masing-masing mengirimkan 60 santri.

"Untuk kecamatan lainnya masing-masing mengirimkan 25 utusannya," terang Wahib Tamam, disela-sela Gebyar Wisuda Santri TPQ di Gedung Pertemuan Santri.

Wahib Tamam menjelaskan, syarat untuk mengikuti wisuda tersebut yakni sudah khatam Alquran 30 juz yang dibuktikan dengan ijazah maupun keterangan dari TPQ berasal. Selain itu juga harus minimal hafal surat Addhuha dan Annas.

"Ini untuk memberikan penghargaan dan memotivasi mereka agar semangat dalam mengaji," ujarnya.

Gebyar Wisuda TPQ dibuka oleh Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz. Dalam sambutannya, Yazid Mahfudz, berharap kegiatan itu dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta terhadap Al Qur'an.

"Untuk anak-anakku, jika ingin pintar, cerdas, sukses dan barokah dalam hidup maka cintailah Al Qur'an. Teruslah belajar Al Qur'an meskipun sudah khatam. Jika sebelumnya hanya belajar membaca, maka tingkatkanlah dengan mempelajari makna dan tafsir Al-Qur'an," pesan Wabup.

Gus Yazid (sapaan akrabnya) Alquran adalah mujizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, untuk menjadi petunjuk bagi seluruh umat. "Yakinlah bahwa Alquran merupakan pedoman hidup yang lengkap dan akan menjadi cahaya bagi kehidupan kita di dunia maupun akhirat kelak," imbuhnya.

Wabup juga mendoakan kepada anak-anak Kebumen khususnya mereka yang telah diwisuda agar kelak menjadi anak-anak yang diberkahi, sukses dan menyukseskan banyak orang.

Terhadap pengelola dan dewan asatidz TPQ se-Kabupaten Kebumen, Wabup mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus atas jasa dan oengabdiannya dalam membangun generasi islami sejak dini.

"TPQ memiliki arti yang sangat strategis, sebagai sarana untuk menyiapkan generasi muda yang tangguh, ditengah semakin meningkatnya tuntutan perkembangan zaman, serta tuntutan terhadap pendidikan yang bermutu bagi anak-anak," kata dia.(ori)






Post a Comment

Powered by Blogger.