Power Start ciptaan Khakim Fisabil. (Foto: dasih/krjogja.com)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Setelah dua tahun berturut-turut yaitu di tahun 2016 dan 2017 Kebumen berhasil meraih prestasisebagai pemenang utama dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tingkat Provinsi Jawa Tengah,
di tahun 2018 ini Kebumen berhasil lagi meraih prestasi yang sama sebagai pemenang utama di ajang tersebut.

"Tahun 2016 dan 2017 lalu prestasi pemenang utama tersebut diraih oleh Yuri Duloh, petani kopi Desa Pucangan Kecamatan Ambal Kebumen, dan Tim STIKES Muhammadiyah Gombong, sedangkan di tahun 2018 ini diraih oleh Khakim Fisabil dari Desa Surotrunan Kecamatan Alian Kebumen," ujar Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kebumen, Djoenedi Faturachman MSi, di ruang kerjanya, Rabu (08/08/2018).

Dalam lomba tersebut Khakim Fisabil menyertakan karya ciptaannya berupa sebuah alat hasil rekayasa teknologi yang diberi nama Power Start (Long Life Accumulator), yaitu sebuah alat yang berfungsi mendukung kinerja aki pada kendaraan bermotor.




" Mekanisme kerja alat ini di kendaraan bermotor mampu menambah umur aki, sehingga aki yang terpasang di kendaraan bisa lebih awet. Juga, menstabilkan arus atau tegangan pada klakson, lampu rein, lampu shein dan komponen lainnya serta beberapa fungsi lainnya," papar Djoenedi.

Sebelum meraih prestasi di Lomba Krenova 2018 Tingkat Jawa Tengah, Power Start ciptaan Khakim Fisabil menjadi juara 1 Lomba Krenova 2018 Tingkat Kabupaten Kebumen. Bersama juara 2 (Pemanfaatan Limbah Biji Kelengkeng Sebagai Bioinsektisida dan Kompos), juara 3 (Mengolah Limbah Air Kencing dan Limbah Aluminium Foil Menjadi Bahan Bakar Hidrogen dan Helium) serta juara harapan 1, harapan 2 dan harapan 3, Power Start diikutkan dalam lomba di tingkat Jawa Tengah.(Dwi)


Sumber : KRJogja.com



Post a Comment

Powered by Blogger.