=========== Kunjungi Juga :===========


Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz melayani warga yang meminta swafoto saat meninjau Pasar Jateng di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kebumen, Senin (18/2). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pasca ditetapkannya Kawasan Geopark Karangsambung dan Karangbolong sebagai Geopark Nasional, Pemkab Kebumen melakukan pengembangan kawasan wisata di kawasan Kebumen utara. Nantinya sejumlah wisata yang ada di desa-desa di sekitar Geopark Karangsambung-Karangbolong harus terintegrasi dengan baik.

Kepala Dimas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Porawisata) Kebumen Azam Fatoni saat ini pihaknya mengembangkan wisata baik geologi, alam, budaya maupun pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal masyarakat seperti kerajinan lokal sebagai bentuk respon positif penetapan Geopark Nasional. Salah satu desa yang mulai berkembang yakni Taman Kupu-kupu, Pasar Jaten dan Pemandian Air Panas (PAP) Krakal di Kecamatan Alian yang terintegrasi dengan baik.

"Kami menargetkan desa-desa lain turut mengembangkan potensi lokalnya. Tahun 2020, kami berencana membangun lapangan di Alian seperti halnya Alun-alun Kebumen," ujar Azam Fatoni di sela-sela Peresmian Kawasan Wisata Kebuman Utara di Pasar Jaten, Minggu (17/2).

Dia mengatakan, saat ini wilayah selatan Kebumen sudah tergarap dengan baik. Dia pun berharap wisata Kebumen Utara juga ikut berkembang. Dengan semakin banyak didatangi masyarakat dan perekonomian warga akan meningkat.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengatakan, Geopark Nasional harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Yazid pun mengingatkan pengembangan wisata harus terus berlanjut khususnya kawasan Utara. "Jangan hanya meriah saat peresmian, tetapi ke depan juga harus lebih baik," tegasnya.

Yazid menambahkan wilayah Kecamatan Sadang cocok untuk pengembangan agrobisnis dan wisata dan memiliki potensi besar ditanami tanaman durian.

"Saya berharap durian montong asal Sadang ini akan menjadi ikon baru yang akan menjadi produk khas Kebumen. Sehingga kalau orang berbicara durian Kebumen maka tertuju ke durian montong Sadang," imbuhnya.

"Saya berharap dalam beberapa tahun ke depan wilayah utara, termasuk Sadang bisa lebih maju lagi. Apalagi sudah ada rintisan Desa Wisata dan kawasan kebun buah klengkeng dan durian yang banyak," katanya.


Sumber : SuaraMerdeka


Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

Powered by Blogger.