=========== Kunjungi Juga :===========


Kelas Inspirasi Kebumen Sukses Melaksanakan Hari Inspirasi di 10 Sekolah Dasar
Seorang Chef sedang menunjukkan keahliannya pada anak-anak. (Dok. Kelas Inspirasi Kebumen)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - "Sehari cuti, selamanya menginspirasi.” Inilah semboyan yang diusung oleh Kelas Inspirasi, sebuah gerakan di bawah Indonesia Mengajar, yang menyediakan wadah bagi masyarakat umum dari berbagai profesi untuk turun langsung dalam berperan memajukan pendidikan di Indonesia. 

Mereka yang disebut dengan relawan pengajar akan berbagi cerita dan pengalaman yang menginspirasi di sekolah dasar. Kelas Inspirasi sudah tumbuh diberbagai kota di Indonesia, tak lupa juga, tentunya di Kebumen. Kelas Inspirasi Kebumen telah sukses melaksanakan hari Inspirasi yang keempat pada Sabtu, 26 Januari 2019. 

Tahun ini, ada dua kecamatan di daerah utara sebelah timur Kabupaten Kebumen yang menjadi tuan rumah. Tepatnya yaitu lima sekolah dasar di Kecamatan Padureso dan lima sekolah dasar di Kecamatan Poncowarno. 

Sekolah dasar sasaran yaitu SDN Soka, SDN Sendangdalem, SDN Jembangan 1, SDN Merden 1, SDN Kebapangan, SDN Pejengkolan, SDN Karangtengah 1, SDN 2 Padureso, SDN Tirtomoyo, dan SDN 1 Balingasal.

Sebanyak 130 relawan pengajar dan relawan dokumentator yang berasal dari Kota Kebumen dan luar kota, bahkan ada yang dari Bali, dengan semangat datang ke Kebumen. Mereka akan mengajar sehari di sekolah dasar tentang segala hal yang terkait dengan profesinya. 

Jika guru akan mengajar tentang macam-macam mata pelajaran, maka relawan pengajar hanya bercerita seputar pekerjaan yang dijalani. Jadi, siswa-siswa akan belajar tentang suatu jenis pekerjaan langsung bersama ahlinya. 

Mereka akan tahu banyak hal yang akan menambah wawasan dan tentunya semangat agar mereka rajin belajar demi mewujudkan cita-cita di masa depan.

Beruntungnya, tahun ini divisi recruitment menambah jumlah relawan pengajar dari profesi yang berbeda di tahun-tahun sebelumnya. Diantara puluhan profesi yang disandang relawan, beberapa profesi diantaranya seperti chef, petani, dan pelatih taekwondo merupakan profesi baru dari relawan pengajar yang mendaftar.

Menurut Aris, salah seorang dari divisi recruitmen mengatakan alasannya mengapa memilih profesi petani. “Beliau, relawan pengajar yang berprofesi sebagai petani sebenarnya seseorang yang bekerja di bidang penelitian pertanian. Dengan hadirnya beliau di tengah anak-anak, saya yakin akan bisa menginspirasi mereka di bidang pertanian dengan segala terobosan teknologi yang modern. Harapan ke depannya, anak-anak bisa memiliki mimpi sebagai petani dengan segala kecanggihan teknologi yang memudahkan pekerjaan.”

“Semangat belajar dan mimpi anak-anak untuk bisa menjadi seperti relawan pengajar yang hadir di antara mereka adalah tujuan dari Kelas Inspirasi itu sendiri,” lanjut Aris optimis.

Sedangkan koordinator Kelas Inspirasi Kebumen, Widya juga memiliki harapan yang sangat besar bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Kebumen dengan adanya hari Inspirasi tersebut.

“Kita di sini, semua relawan, fasilitator, dan panitia lokal, dipertemukan dengan hati dan tujuan yang sama. Dengan landasan sukarela dan ketulusan hati, kita bersama-sama bergerak dalam memajukan pendidikan. Menyumbang uang itu baik, menyumbang buku juga baik, dan menyumbang kebutuhan sarana prasarana sekolah juga baik. Namun, lain halnya jika kita turun langsung dalam berbagi dan memotivasi semangat belajar anak-anak secara langsung. Dampaknya akan jauh berbeda!”

“Dan Kelas Inspirasi adalah gelombang kebaikan yang berkelanjutan. Sehingga bisa menumbuhkan generasi muda yang penuh semangat dalam mewujudkan cita-cita di masa depan,” lanjutnya mengakhiri.


Reporter : Helmi Nurlaili | Editor : Yogi p 


Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

Powered by Blogger.