=========== Baca Juga :===========


Tanggul jebol sebabkan banjir. (Foto: Sufyan Mauluddin)
ADIMULYO (www.beritakebumen.info) - Puluhan rumah warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Adimulyo, Kebumen terendam banjir, Sabtu (8/12/2018) dini hari. Banjir yang melanda akibat jebolnya tanggul saluran irigasi sekunder Daerah Aliran Sungai (DAS) Telomoyo.

Tanggul tak kuasa menahan derasnya aliran Sungai Banda yang terus mengalami peningkatan debit karena hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (7/12/2018).

Akibat jebolnya tanggul tersebut, air sungai menggenangi puluhan rumah warga yang berada di sekitar tanggul. Salah satu warga desa, Nasiran, mengungkapkan, tanggul jebol terjadi sekitar pukul 01.30 WIB saat terjadi hujan cukup lebat. Ketinggian air yang masuk ke pemukiman warga mencapai batas lutut orang dewasa.

"Sebelumnya sudah ada tanda-tanda. Ruas tanggul sebelumnya memang tampak sudah amblas dan retak. Terlebih semalam hujannya cukup deras dan lama," ujar Nasiran.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya, Jamiran, yang menyebut luapan air sungai telah merendam sedikitnya wilayah dua RT. Dari puluhan rumah warga, terdapat enam rumah yang kondisinya cukup parah karena air merendam seisi rumah.

Jamiran berharap, pemerintah daerah segera menangani peristiwa itu dengan cepat dan mengantisipasi terjadinya kemungkinan adanya musibah yang lebih besar lagi. Pasalnya, jika hujan terus terjadi dan tanggul tak segera dibendung, dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan.


Sumber : Sorot


Post a Comment

Powered by Blogger.