=========== Baca Juga :===========


KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Kebumen menggelar latihan bahasa isyarat Indonesia untuk berkomunikasi dengan penyandang tunarungu.

Pelatihan ini mendatangkan langsung narasumber dari Gerkatin Kabupaten Kebumen untuk melatih para personel Polres Kebumen, Senin (01/10) pagi.

Gerkatin adalah organisasi penyandang cacat tunarungu satu-satunya di Indonesia, yang seluruhnya dikelola oleh penyandang cacat tunarungu.

Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno, latihan bahasa isyarat ini sebagai peningkatan pelayanan kepada seluruh masyarakat termasuk para penyandang tunarungu.

"Jadi saat kita berhadapan dengan masyarakat penyandang tunarungu, dan mereka menggunakan bahasa isyarat, kita bisa memahami. Sehingga kita bisa saling berkomunikasi tanpa harus meminta bantuan penerjemah. Harapannya seperti itu," jelas AKP Suparno.

Adapun materi yang dilatihkan antara lain bahasa isyarat alfabet, angka, mama hari, nama bulan, kata tanya, serta evaluasi perkenalan.

"Latihan hari ini adalah latihan perdana. Dalam rencananya, materi bahasa isyarat ini akan diberikan kepada Personel seminggu dua kali. Latihan hari Senin dan Rabu," kata AKP Suparno.

Mengenai instruktur dalam latihan itu, langsung Ketua Gerkatin Kabupaten Muadzani Fajar yang didampingi penerjemah Budi Wicaksono.

Dalam latihan itu, instruktur memperagakan, selanjutnya diterjemahkan oleh penerjemah. Para personel yang mengikuti latihan menirukan dan mempraktekkan langsung bahasa isyarat Indonesia.

"Jadi instruktur ini menerangkan dengan bahasa isyarat, selanjutnya diterjemahkan oleh penerjemah. Instruktur langsung dari Gerkatin Kabupaten Kebumen," ia menandaskan.


Sumber : Humas Polres Kebumen



Post a Comment

Powered by Blogger.