=========== Baca Juga :===========


Penampilan Mahasiswa asal Kebumen pada event UI Ethnovaganza 2018
JAKARTA (www.beritakebumen.info) - Perhimpunan Mahasiswa Kebumen (Perhimak) di Universitas Indonesia (UI) kenalkan pesona budaya Kabupaten Kebumen melalui parade budaya dalam ajang UI Ethnovaganza 2018. Acara diselengarakan di pusat Kota Tua Jakarta, depan Museum Fatahillah, pada Minggu 16 September 2018.

Pada ajang tersebut, Perhimak UI pamerkan maskot daerah Kabupaten Kebumen bertema “Kebumen Agrocity of Java”. Hal ini selaras dengan city branding Kabupaten Kebumen yang ditetapkan pada tahun 2016 oleh pemerintah daerah.

“Kami ingin menampilkan Kebumen sebagai tanah pesisir Jawa Tengah yang elok. Kostum yang dipamerkan mengangkat bahan dasar anyaman pandan, menggambarkan Kebumen sebagai pusat kerajinan anyaman pandan terbesar di Indonesia yang berpusat di desa Grenggeng, Kecamatan Karanggayam,” kata Agung Kurniawa, konseptor maskot dan kesuluran parade budaya dari Perhimak UI.

Penampilan Mahasiswa asal Kebumen pada event UI Ethnovaganza 2018

Kostum yang ditampilkan mengambarkan tokoh pewayangan Gatotkaca yang digunakan seorang perempuan yang ingin melambangkan kemandirian, kekuatan, dan kecantikan perempuan di pesisir selatan Jawa Tengah. Warna coklat dan biru yang dominan pada kostum maskot parade budaya Perhimak UI tersebut juga melambangkan kekayaan alam yang meliputi tanah, air dan udara yang dimiliki Kabupaten Kebumen.



Keberadaan maskot parade budaya dari Mahasiswa Kebumen pada ajang tersebut menyedot perhatian pengunjung Kota Tua Jakarta. Warga yang berasal dari Jabodetabek dan daerah lain antusias untuk berfoto bersma maskot dan mengetahui kebudayan lain yang dimiliki Kabupaten Kebumen.

Rangkaian Acara UI Ethnovaganza

UI Ethnovaganza merupakan ajang tahunan yang digagas BEM UI untuk memperkenalkan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Pesertanya adalah mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam paguyuban daerah.

Penampilan Mahasiswa asal Kebumen pada event UI Ethnovaganza 2018

Selain parade budaya di Kota Tua, UI Ethnnovagana juga akan diisi dengan festival budaya dimana para peserta akan menampilkan kebudayaan khas daerahnya masing-masing serta bazar makanan khas daerah. Puncak acara akan diselenggarakan di Balairung Universitas Indonesia pada 7 Oktober 2018 mendatang.

Kebumen yang diwakili Perhimpunan Mahasiswa Kebumen (Perhimak UI) telah berhsil menjuarai ajang tersebut dua kali di tahun 2016 dan 2017. Tahun ini, Perhimak UI akan menampilkan kesenian Ebeg dan makanan khas Sate Ambal pada ajang tersebut.

“Perhimak UI sebagai paguyuban daerah yang membawa nama Kebumen di Universitas Indonesia ingin terus konsisten ikut serta melestarikan budaya dan potensi pariwisata Kabupaten Kebumen di kancah UI maupun nasional. Kami tahu, Kebumen memiliki potensi alam, makanan, seta kebudayaan khas daerah yang perlu banyak orang ketahui. Untuk itu, kami semangat mengikuti ajang UI Ethnovaganza ini,” kata Nur Septiadi, Ketua Perhimpunan Mahasiswa Kebumen di Uuniversitas Indonesia (Perhimak UI)

Selain itu, UI Ethnovaganza juga melombakan Putra-Putri Budaya sebagai duta budaya yang menyiarkan keberagaman dan keelokan budaya nusantara baik untuk mahasiswa dan sivitas academica Universitas Indonesia, juga kepada masyarakat luas.

Kebumen diwakili Arum Ma’rifatun Khikmah, Mahasiswa Kimia UI angkatan 2016, yang juga finalis Mbak Kebumen 2015 pada ajang pemilihan Putra-Putri Budaya tersebut.



Reporter : A Kurniawan - S Aji Wicaksono


Post a Comment

Powered by Blogger.