=========== Baca Juga :===========


Para Juara Jateng Smesco Expo 2018 (foto : Fahriyani)
SEMARANG (www.beritakebumen.info) - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng selenggarakan Jateng Smesco Expo 10 s.d 13 Agustus 2018, kegiatan yang berlangsung di Atrium Java Mall Semarang ini terdiri dari kompetisi business plan, lomba jinggle UMKM, dan lomba fashion show.

Tim yang di ketuai Ufakhun Janifah, mahasiswi semester 6 STIE Putra Bangsa Kebumen berhasil mendapatkan Juara 1 kompetisi business plan setelah mempresentasikan produk Lady Java yang merupakan produk deodoran organik buatannya. Juara 2 diraih dari Kabupaten Sukoharjo dengan produk Grobag Mandiri, Juara 3 diraih dari Kota Semarang dengan produk Warscity Balekna.

Menurut Ufakhun ide pembuatan deodoran berbahan mentimun ini berawal dari adanya penggunaan deodoran dan bahan kosmetik yang mengandung bahan kimia sehingga menyebabkan penyakit seperti iritasi kulit kanker prostat, alzeimer, tumor, sampai kanker payudara. ‘ujarnya.

Ufakhun lantas memiliki ide untuk menciptakan deodorant organik yang bebas bahan kimia sehingga tak berbahaya bagi kesehatan. Ia lantas memilih buah mentimun sebagai bahan baku, Dia menyampaikan, mentimun banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh. Seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, belerang, zat besi, magnesium, antioksidan, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2 dan Vitamin C. ‘sambungnya.

Berbekal dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan yang didapat kelompok PKM Ufakhun dari kemenristekdikti, mereka mengembangkan produknya menjadi produk deodorant organik yang bebas bahan kimia sehingga tak berbahaya bagi kesehatan dan layak jual. (BK/d’Riz)



Reporter : Dani | Editor : Dani 


Post a Comment

Powered by Blogger.