=========== Baca Juga :===========


Tas yang terbuat dari bahan tempurung kelapa dan kulit sapi
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Akibat kekurangan tenaga pembuat yang terampil, kerajinan tas berbahan baku tempurung kelapa dan kulit sapi hingga kini masih sulit memenuhi permintaan konsumen dalam negeri. Jumlah produksinya yang masih terbatas hanya bisa untuk memenuhi permintaan pemesan dari luar negeri saja.

"Pembuatan kerajinan tas tempurung kelapa yang dipadukan dengan kulit sapi ini memang tingkat kesulitannya tinggi, namun tenaga pembuatnya hingga kini masih sangat sedikit," ujar Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) Kementerian Perindustrian, Siti Uswatun Khasanah, di ruang kerjanya, Senin (02/07/2018).

Dengan sedikitnya tenaga terampil pembuatnya itu, tingkat produksinyapun belum bisa dipacu cepat guna memenuhi tingginyapermintaan pasar dalam maupun luar negeri.

"Dengan kenyataan itu akhirnya perajinnya lebih memilih untuk fokus memenuhi permintaan pasar luar negeri terlebih dahulu," ujar Siti.

Menurut Siti kemunculan kerajinan ini masih terhitung baru, sekitar satu tahun lalu. Keunikan desain dan kualitas pembuatannya yang bagus, produk tersebut oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen dipamerkan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) di Indonesia Convension Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai Tangerang Banten pada Oktober 2017 lalu.

"Sejak itulah banyak pesanan dari buyer luar negeri, namun dalam kenyataannya pesanan tak bisa dipenuhi dengan cepat mengingat terbatasnya tenaga pembuatnya dan kerumitan pembuatannya," jelas Siti.

Berdasarkan keterangan perajin tempurung kelapa di Desa Kejawang Kecamatan Sruweng Kebumen, kerumitan pembuatan kerajinan ini adalah dalam hal pembentukan potongan-potongan tempurung kelapa sesuai bentuk dan ukuran yang dihendaki dan ukiran-ukiran di permukaannya.

"Sedangkan kulit sapi yang dimosaik di permukaan atasnya masih harus didatangkan dari Yogyakarta, tapi kami pun harus antri untuk mendapatkannya," jelas Siti. (Dwi)


Reporter : Dwi | Editor : - | Sumber : krjogja.com


Post a Comment

Powered by Blogger.