M. Jamalludin Alhasani, S.Psi.M.Pd. (Foto:Desti)




KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kebumen melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswanya. Kegiatan PKL kali ini diikuti oleh 541 peserta yang keseluruhannya merupakan siswa kelas 12 dengan 5 paket keahlian yang berbeda.

Mereka melaksanakan PKL di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DUDI) sesuai dengan bakat dan minat masing-masing, selama lebih kurang tiga bulan. Mulai 1 Juli 2018 sampai dengan 30 September 2018. Namun, ada beberapa siswa yang memulai PKL sedkit lebih awal dari tanggal pelaksanaan menyesuaikan dengan kebutuhan DUDI itu sendiri.

Kepala SMK N 1 Kebumen melalui Wakil Kepala (Waka) Humas, M. Jamalludin Alhasani, S.Psi. M.Pd., mejelaskan bahwa tujuan dari dilaksanakannya PKL bagi siswa adalah melatih mental dan kedewasaan, kemudian berlatih bekerja, serta mengenali budaya-budaya kerja.

Siswa SMKN 1 Kebumen melaksanakan PKL di Bank Kebumen. (Foto: Desti)





Adapun manfaat dari PKL itu sendiri bagi sekolah diantaranya terjalin kerjasama antara sekolah dengan DUDI dan memperluas jaringan kerja. Karena semakin banyak jaringan kerja yang bergabung, maka semakin kuat pula dukungan-dukungan mereka terhadap sekolah.

Sementara itu, berdasarkan data yang di dapat ada 118 DUDI yang menjadi lokasi PKL dengan 113 DUDI berada di dalam Kabupaten Kebumen dan 5 DUDI berada di luar Kabupaten,seperti Jakarta dan Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan SMKN 1 Kebumen. Dengan adanya PKL, para siswa diharapkan memperoleh pengalaman langsung di dunia Industri sebagai salah satu bekal mereka setelah lulus.

“Adanya PKL ini diharapkan siswa mampu menemukan tempat PKL yang baik. Baik itu dari sisi sumber daya manusianya, jenis pekerjaan yang dilakukan, serta tersedianya fasilitas praktek yang memadai.” , jelas Jamaludin saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (3/7/2018).



Reporter : Anisatul M  | Editor : BK/Mat |



Post a Comment

Powered by Blogger.