Pembina Gertak'S Herwin Kunadi menyerahkan satunan barupa uang tunai dan peralatan sekolah kepada anak yatim dalam rangkaian peringatan HUT ke-1 Relawan Gertak'S di Benteng Van der Wijck Gombong, Minggu (25/3). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)
GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Gerakan Relawan Tanggap Aksi Kepedulian Lingkungan dan Sosial (Gertak'S) mengadakan kegiatan bakti sosial dengan menyantuni anak yatim berupa uang tunai dan peralatan sekolah dan aksi sumbang darah. Kegiatan yang digelar dalam rangka memeringati HUT ke-1 Relawan Gertak'S itu berlangsung di Benteng Van der Wijck Gombong, Minggu (25/3).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggandeng komunitas Bernyanyi sambil Berinfak (BnB) tersebut berlangsung semarak. Acara dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Gombong serta sejumlah komunitas di Kebumen dan sekitarnya. Antara lain relawan BPBD, ORARI, RAPI, SAR Lawet Perkara, Pendaki Indonesia, Srikandi Tangguh Bencana, Gerakan Pemuda Ansor, Komunitas CB Internet (KCBI) Purworejo, Royal Project Motor Classic Yogyakarta (RPMCY), Muslim Peduli Masjid (MPM) hingga komunitas ojek online Grab.

Pembina Gertak'S Herwin Kunadi menjelaskan, selama setahun berdiri banyak pihak yang ingin bergabung menjadi relawan Gertak'S. Namun setelah melihat syarat yang harus dipenuhi yakni sehat jasmani dan rohani, SKCK dari kepolisian, hafal Pancasila dan Lagu Indonesia Raya, beberapa memilih mundur.

"Kami tidak ingin disisipi paham radikal," ujar Herwin Kunadi yang merupakan salah satu pendiri Gertak'S.

Sejak berdiri pada 11 Maret 2017, Gertak'S sangat intens menggelar aksi-aksi peduli lingkungan, sosial dan kemanusiaan. Komunitas itu bermula dari sejumlah orang yang terhubung melalui WhatsApp Group. Awalnya muncul keprihatinan terkait banyaknya lubang di jalan raya di Kebumen.

Dari persoalan itu muncul kepedulian bersama untuk menggelar aksi menambal jalan yang berlubang di Jalan Saptamarga dan Jalan Yos Sudarso.

Ternyata seiring dengan perjalanan waktu dari komunitas menginginkan tidak hanya peduli jalan berlubang tetapi juga peduli persoalan sampah dengan melakukan pembersihan dan kerja bakti bersama. Tak hanya itu, kegiatan semakin berlanjut dengan kegiatan sosial peduli dengan warga kurang mampu yang sakit namun belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Koordinator Gertak'S Bambang Pujiyanto menambahkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan Gertak'S antara lain aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan. Tak hanya itu, kegiatan dengan misi kemanusiaan dilakukan saat terjadi bencana alam, seperti saat terjadi banjir maupun tanah longsor. "Kami juga akan dilibatkan untuk menggikuti pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Basarnas di Waduk Sempor 28 Maret besok," ujar Bambang Pujiyanto.

(Supriyanto /SMNetwork /CN41 )


 Sumber : Suaramerdeka

Post a Comment

Powered by Blogger.