KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menerima Direktur Mutigo Indonesia, Fatmi Woro Dwimartanti, Selasa (13/3/2018). Mutigo Indonesia tertarik dengan produk UMKM Kebumen, dan siap mendorong produk UMKM Kebumen agar bisa merambah pangsa pasar Eropa melalui Belgia.

Pertemuan di Ruang Rapat Setda Kebumen diikuti Asisten 2 Sekda Kebumen Tri Haryono, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kebumen Dwi Suliyanto, perwakilan OPD terkait, serta puluhan pelaku UMKM. Dalam kesempatan ini juga dipamerkan berbagai produk lokal Kebumen, yang berbahan baku bambu, tanah liat dan produk berbahan baku anyaman pandan.

“Posisi negara Belgia sangat strategis sehingga tepat menjadi Ibu Kota Uni Eropa. Belgia merupakan pintu gerbang perekonomian Uni Eropa, sehingga otomatis ketika produk masuk Belgia, dapat juga merambah ke kota-kota sekitarnya, bahkan negara-negara anggota Uni Eropa,” jelas Fatmi.

Diungkapkan pula, di tahun 2015 peringkat daya saing Indonesia menempati posisi 37 dengan nilai 4,52. Padahal dalam kenyataannya, banyak ditemukan produk Indonesia di Eropa, tetapi menggunakan kemasan dari negara lain. Hal ini sangat disayangkan. Karena itu Fatmi mengajak pelaku UMKM Kebumen mengekspor produknya dengan identitas sendiri.

“Keuntungan dari ekspor sendiri, lebih besar. Tetapi untuk bisa memasuki pasar Eropa, kualitas produk, packaging, dan labeling harus bagus dengan mengikuti standar Eropa,” tegasnya.

Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengapresiasi apa yang akan dilakukan Mutigo Indonesia terhadap produk UMKM Kebumen. Menurut wakil bupati, dukungan terhadap pelaku UMKM diberikan Pemkab Kebumen dengan membantu melalui pengucuran kredit berbunga murah dari Bank Jateng. (Ag.)


Sumber : jatengprov.go.id

Post a Comment

Powered by Blogger.