=========== Baca Juga :===========


Khayub Muhamad Lutfi nampak mengenakan rompi oranye KPK. (Foto: antara)




KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ahirnya menahan Khayub Muhamad Lutfi, Selasa (13/3/2018) terkait dugaan tindak pidana korupsi suap kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara terkait Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Kebumen.

Komisaris PT Karya Adi Kencana (KAK) itu ditahan di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur selama 20 hari untuk kepentingan penyidikan. Sebelumnya, Ayub telah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

"KML (Khayub Muhamad Lutfi) tersangka TPK Suap terkait dengan pengadaan barang dan jasa dana APBD Kabupaten Kebumen TA 2016, ditahan di Guntur 20 hari," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Selasa(13/3/2018).

Khayub ditetapkan tersangka KPK terkait perkara suap bersama Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad dan pengusaha Hojin Ansori. Dalam perkara ini, KPK menduga Khayub bersama Hojin Ansori yang sudah ditahan KPK sebelumnya, telah menjanjikan dan menyuap Bupati Yahya Fuad berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa dana APBD Kabupaten Kebumen TA 2016.

Kahyub disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1) huruf b atau pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Khayub menjadi tersangka ke-9 dalam penanganan perkara korupsi di Kebumen. Dia ditetapkan tersangka pada 23 Januari 2018 lalu bersma Bupati Kebumen Mohammad Yahya fuad dan pengusaha lainnya, Hojin Ansori.

Penetapan tersangka ketiganya merupakan hasil pengembangan operasi tangkap tangan KPK pada 15 Oktober 2016 lau. Sejak saat itu, ada 9 pelaku termasuk Dian Lestari, Anggota DPRD Kabupaten Kebumen Tahun 2016. Sebagian lain sudah divonis bersalah.






Post a Comment

Powered by Blogger.