Kebumen Mengirimkan 5 Orang di ajang Pemilihan Eksportir Tangguh 2018

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pasar Luar Negeri memang sangat menggiurkan, apalagi untuk meningkatkan penjualan produk-produk lokal, yang sekali angkut jumlah kapasitasnya besar. Oleh karena itu dalam Ajang Pemilihan Eksportir Tangguh 2018 Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan diikuti oleh Kebumen dengan mengirimkan 5 wakilnya ke ajang tersebut. 

"Sebagai salah satu daerah penyangga ekspor Jawa Tengah kami akan mengikuti kompetisi tersebut dengan mengirimkan 5 orang wakil sebagai calon nominator di ajang tersebut," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kebumen, Sri Wahyuroh SH, di ruang kerjanya, Kamis (01/03/2018). 

Menurut Sri hingga tahun 2018 Kebumen berhasil mengekspor sejumlah komoditasnya ke berbagai negara di Asia, Eropa, Australia dan Amerika. Diantaranya, kayu lapis, genetri, kopi, merica, keset kain perca, kelapa, umbi si badur, minyak nilam, anyaman pandan, pagar bambu wulung dan gula semut. 

"Namun tak hanya memiliki aneka jenis komoditas ekspor, dalam penelusuran kami belum lama ini ternyata cukup banyak warga Kebumen yang memilih profesi sebagai eksportir aneka produk. Tak hanya produk lokal Kebumen, di antara mereka ternyata ada pula yang mengekspor berbagai komoditas dari daerah lain. Di antara mereka itulah kami memilih 5 orang untuk mewakili Kebumen di ajang Pemilihan Eksportir Tangguh 2018 Jawa Tengah," ujar Sri. 

Seiring semakin bertambahnya jumlah eskportir di Kebumen, diharapkan pula oleh Sri revisi regulasi dalam SOT (struktur organisasi dan tata kerja) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, agar Pemkab Kebumen bisa berperan langsung membina para eksportir Kebumen. ()


Sumber : KRJOGJA.com

Post a Comment

Powered by Blogger.