Ikatan Mahasiswa Kebumen di Yogyakarta (IMAKTA) menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Pelantikan Pengurus yang digelar pada Minggu (26/3), di Gedung LKiS (Lembaga Kajian Islam dan Sosial) Sorowajan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. (FOTO: NUSANTARANEWS.CO/Oky)




JOGJAKARTA (www.beritakebumen.info) - Organisasi adalah wadah untuk mempersiapkan insan-insan yang nantinya berperan aktif di masyarakat, melalui pembelajaran yang didapat saat berorganisasi juga diharapkan tercetak kader yang militan yang mempunyai kemampuan leadership munpuni. Kebutuhan itu sudah tak bisa ditawar lagi untuk sebuah organisasi dimanapun dan pada level apapun.

Merespon kebutuhan tersebut, Ikatan Mahasiswa Kebumen di Yogyakarta (IMAKTA) menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Pelantikan Pengurus yang digelar pada Minggu (26/3), di Gedung LKiS (Lembaga Kajian Islam dan Sosial) Sorowajan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan rentetan acara yang sudah dipersiapkan panitia. Dalam acara tersebut Ketua Panitia dan Ketua IMAKTA juga berkesempatan memberikan sambutannya.

Ketua Panitia acara, Mahfud Ulil Fauzi atau uang akrba disapa Ulil menyampaikan, bahwa keberadaan LDK merupakan program wajib IMAKTA pada setiap pergantian kepengurusan.
“Kegiatan ini merupakan program wajib IMAKTA yang digelar di awal kepengurusan yang baru,” papar Ulil disela-sela memberikan sambutan acara, Minggu (26/3/2018).

Muatan materi yang didiskusikan dalam LDK dimentori oleh narasumber yang mumpuni dibidangnya. Materi pertama tentang ‘Kepemimpinan’, materi tersebut sebagai pondasi dasar para calon pengurus Imakta supaya mengerti dan memahami bahwasanya mereka akan menjadi pemimpin bagi anggota lainya.

Materi kedua ‘Experiential Learning’ yang mengajarkan peserta LDK untuk bekerjasama dan melatih kekompakan. Disusul materi ketiga tentang ‘Manajemen Organisasi dan Kaderisasi’. Terakhir materi keempat yaitu ‘Keimaktaan’ yang dijelaskan oleh ketua dua periode sebelumnya.

Usai kegiatan LDK, dilanjutkan dengan acara puncak ‘Pelantikan Pengurus IMAKTA Periode 2018/2019’. Pelantikan tersebut tidak hanya dihadiri oleh anggota IMAKTA saja tetapi datang dari berbagai organisasi daerah se Jawa Tengah yang ada di Yogyakarta dan juga organisasi mahasiswa Kebumen yang ada di Solo dan Magelang.

Pelantikan dipandu oleh pembina Imakta yang diwakilkan kepada kasepuhan IMAKTA Bapak Apriyanto, S.Hum. Prosesi pelantikan berjalan khidmat dan lancar. Tak lupa Bapak Apriyanto juga memberikan sedikit wejangan terkait kepengurusan baru supaya dapat membawa IMAKTA jauh lebih baik ke depannya dan juga diharapkan IMAKTA bisa memberikan kontribusi nyata kepada daerah Kebumen.

LDK dan Pelantikan Pengurus Baru IMAKTA berlangsung lancar dan khidmat hingga pukul 17.30 WIB, acara kemudian ditutup dengan pembacaan do’a dan jabat tangan para pengurus dan alumni IMAKTA juga para tamu undangan. (Oky)


Sumber : Nusantaranews

Post a Comment

Powered by Blogger.