=========== Baca Juga :===========


Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz saat menyalurkan dana zakat di sela-sela meresmikan Gedung Baznas Kebumen. (suaramerdeka.com)




KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kebumen memiliki gedung baru di Jalan Arungbinang Nomor 20 Kebumen. Peresmian gedung yang cukup megah itu dilakukan oleh Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Senin (26/3) ditandai dengan pembubuhan tanda tangan di prasasti.

Hadir dalam peresmian itu, Kepala Kantor Kemenag Kebumen Imam Tobroni, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, Perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, serta pimpinan Baznas di wilayah eks Karesiden Kedu dan Banyumas.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pentasarufan zakat, infaq dan shodaqoh tahap pertama tahun 2018 sebesar Rp 670 juta bagi enam kecamatan. Yakni Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Buluspesantren, Alian, Karangsambung, dan Sadang. Merujuk data, perolehan zakat infaq shodaqoh (ZIS) yang dihimpun Baznas Kebumen dari 2007 sampai dengan Februari 2018 adalah Rp 21.996.035.447. Dana tersebut telah disalurkan sebesar Rp 20.904.591.520.

Ketua Baznas Kebumen, drh H Djatmiko menjelaskan gedung seluas 7x30 meter itu dibangun dengan dana Rp 1,5 miliar. Dana yang digunakan untuk membangun gedung megah tersebut murni tabungan infaq dari masyarakat sejak 2011. "Alhamdulillah dapat terwujud tahun ini," kata Djatmiko, dalam sambutannya.

Gedung berlantai dua itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Antara lain ruang pimpinan, ruang pelaksana, ruang perpustakaan, ruang arsip, ruang rapat, hingga mushola. "Gedung baru ini untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan. Baik kepada muzakki maupun mustahiq di wilayah Kebumen," ujarnya.

Sebelum pindah ke gedung baru, Baznas Kebumen menempati sekretariat di Komplek Gedung Haji dan sebelumnya di Komplek Masjid Agung Kauman Kebumen. Sekretariat Baznas juga pernah menempati di komplek Islamic Center di Jalan Tentara Pelajar.

Wakil Bupati Yazid Mahfudz berharap dengan adanya gedung baru kinerja Baznas Kebumen semakin meningkat. Program-programnya semakin baik, tertib dan modern. Namun, tetap berpedoman pada syariat. "Kepercayaan masyarakat juga semakin meningkat. Semakin banyak yang menyerahkan zakat, infaq dan shadaqah. Dengan kata lain, jumlah munfiq dan muzakki semakin meningkat. Masyarakat juga akan semakin merasakan manfaatnya," kata Gus Yazid, sapaan akrabnya.

(Supriyanto /SMNetwork /CN26 )


| Sumber : Suaramerdeka

Post a Comment

Powered by Blogger.