Kilas Berita:

Stop Buang Sampah Sembarangan atau Bakal Kena OTT

Tanamakan budaya hidup bersih sejak dini, mulai dari tidak membuang sampah sembarangan. 




KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pemkab Kebumen memiliki gebrakan baru dalam upaya menerapkan budaya hidup bersih. Yakni dengan melakukan razia operasi tangkap tangan (OTT) bagi warga yang membuang sampah sembarangan dalam waktu dekat ini.

Selain membudayakan hidup bersih, razia yang digelar tim dari Satpol PP dan Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen ini juga dalam rangka mendukung tekad PemkabKebumen untuk meraih Adipura tahun depan.

“Ini gebrakan baru Pemkab Kebumen terkait budaya hidup bersih sehat. Melalui gerakan ini diharapkan mereka yang masih suka buang sampah sembarangan tidak lagi mengulangi perbuatannya,”tandas Kepala Dinas Perkim dan LH Kebumen, Edi Riyanto ST MT belum lama ini.

OTT ini akan dilaksanakan di lokasi dan waktu yang sudah ditentukan. Sanksi akan diberikan bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Mulai dari peringatan, sanksi sosial hingga sanksi seuai perda.




Tim OTT tak akan segan mempublish wajah si pembuang sampah ke media sebagai bentuk sanksi sosial dan moral.

Menurut Edi, sanksi sosial ini akan lebih efektif untuk membuat jera masyarakat dibanding sanksi hukum.“Tapi kalau masih ngeyel juga terpaksa bisa berurusan dengan pengadilan karena kita aturan berupa perda tentang pengelolaan sampah,” imbuh Edi.

Untuk mendukung gebrakan tersebut, Pemkab Kebumen kini sudah membangun ribuan tempat sampah di seluruh penjuru kabupaten. Baik di tepi jalan, perumahan, perkantoran hingga pasar. Petugas sampah yang secara berkala mengambili sampah dari warga juga sudah disiapkan. (*)




No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!