Kilas Berita:

Perpustakaan Digital Hadir di Kebumen





KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Bupati Kebumen Ir. H. Mohammad Yahya Fuad, SE meluncurkan Perpustakaan Digital Berbasis Inlis-Lite V.3, Senin (6/11/2017) di alua Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kebumen.

Peluncuran dihadiri oleh Tim Sinergi Pengembangan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Kebumen, Setda Bagian Hukum, Setda Bagian AP, Direktur / Ketua Perguruan Tinggi di Kebumen, Kepala SMA / SMK di Kebumen, penulis Kebumen, perwakilan Penerbit, Mahasiswa, dan Pelajar.

Perpustakaan digital ini merupakan implementasi dari konsep perpustakaan tanpa batas yang dapat diakses 24 jam setiap hari. Masyarakat dapat mengaksenya melalui digilib.kebumenkab.go.id menggunakan komputer atau laptop maupun smartphone.

Bupati Kebumen, mengatakan inovasi layanan terbaru tersebut untuk memudahkan masyarakat Kebumen mengakses informasi melalui perpustakaan digital. Koleksi Digital yang dilayankan merupakan hasil alih media berupa Peraturan Bupati (Perbup), Peraturan Daerah (Perda), terbitan Bappeda, dan buku karya Penulis Asli Kebumen.

"Ini akan memudahkan masyarakat mengakses perpustakaan, sehingga lebih murah karena tidak harus datang ke perpustakaan. Selain juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja," kata Mohammad Yahya Fuad, kepada wartawan usai peluncuran.




Lebih lanjut, Bupati mengapresiasi peluncuran ini sebab tidak menggunakan anggaran. "Kalau biasanya melaunching sesuatu butuh anggaran, ini tanpa anggaran." kata Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad.

Saat ini baru 234 buku yang dialihmediakan dari 32.000 koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Anna Ratnawati, menyampaikan total ebook hasil alih media yang sudah dionlinekan sebanyak 115 perda, 69 perbup, 4 terbitan Bappeda dan 21 buku karya penulis Kebumen. Semua itu dilakukan sendiri oleh Disarpus Kebumen. Menurutnya, salah satu hal yang menjadi kendala adalah terkait hak cipta. "Karena terbentur dengan hak cipta yang kita alihmediakan baru karya-karya penulis Kebumen," terang Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati,saat mendampingi Bupati Kebumen.

Inovasi Digital Library Kebumen secara bertahap akan terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga masyarakat dapat makin mudah mengakses buku dan informasi kapanpun, dimanapun dengan lebih cepat, mudah dan murah.

"Kita akan terus berupaya menaikkan ke online secara bertahap," ujarnya. (*/bk)


No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!