Kilas Berita:

Pembelajaran Fotografi Asyik “Tematik Gotik” di SMK Wongsorejo, Gombong


Pembelajaran Fotografi Asyik dengan Tema “Tematik Gotik” di SMK Wongsorejo, Gombong
Photo : Yogi Permana
GOMBONG (www.beritakebumen.info) - SMK Wongsorejo Gombong merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Kebumen yang sudah lama berdiri. SMK swasta ini sangat mementingkan pengembangan karakter siswa-siswinya. Seiring berkembangnya zaman, SMK tersebut pun mesti memperbarui kualitasnya guna mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya termasuk dengan sekolah ngeri. Apalagi sekarang dalam arus globalisasi, SMK setidaknya mesti menambahkan kejuruan baru untuk menunjang mutu dan kualitas, salah satunya adalah jurusan multimedia. 

Asal diketahui saja, bahwa Multimedia adalah jurusan baru di SMK Wongsorejo yang umurnya belum genap 1 tahun, agar mampu mengikuti perkembangan zaman terutama dalam bidang Informasi Teknologi, dengan melihat bahwa multimedia sudah sangat dibutuhkan di SMK Wongsorejo, sekolah lainnya maupun instansi lainnya. 

Multimedia sendiri tidak hanya mempelajari tentang seluk beluk komputer dan jaringan, namun banyak hal seperti belajar photoshop, corel draw, fotografi dan videografi. Untuk menunjang itu, diadakan Kegiatan mingguan, seperti minggu ini dengan belajar mengenai ilmu fotografi. Minggu ini siswa-siswi melakukan pembelajaran mengenai fotografi, yang bertema “tematik gotik”. 

Maksudnya gotik disini, siswa-siswa memakai model dari kalangan sendiri, dengan satu sama lain saling merias, kemudian kebanyakan memakai baju dominan hitam, dandanan seram menyerupai setan. Cara belajar fotografi disini memang tidak terlalu menekan kepada materi atau teori, namun lebih kepada perasaan senang. 

“Jika sebuah kegiatan dilakukan dengan perasaan senang maka kelanjutanya akan mudah terbentuk dan mudah untuk melakukan tematik apapun. Intinya membuat siswa enjoy maka merekapun akan dapat menangkap setiap materi yang langsung diberikan saat praktek, tanpa harus didikte”, tutur Pak Faisal Ahmad selaku guru pembibing jurusan multimedia pada Rabu (22/11) di SMK Wongsorejo Gombong. 

Bukan hanya mendapatkan pembelajaran yang berharga tentang fotografi dari Pak Faisal, tetapi hari itu kita kedatangan tamu dari Berita Kebumen, Mas Yogi Permana dan Mas Anom dari Klamite Gombong yang seorang Desain Grafis. Selain ikut serta meramaikan kegiatan ekstra, mereka berdua juga memotivasi kita untuk lebih baik lagi kedepannya. 

Seperti yang di katakana oleh Mas Yogi, “bahwa kita harus belajar untuk lebih peka dengan keadaan sekitar, dan bisa memposisikan diri sendiri dalam perannya”

Memang itu sangat tepat, karena kemaren kita belum mampu menjiwai dengan tingkah dan mimik yang seram sesuai tema serta perannya masing-masing. 

“Memilih model syaratnya tidak lagi dari fisik yang mulus, cantik, tetapi harus dengan naluri keunggulannya”, ungkap Mas Anom. 

Bagi kita yang perempuan, semakin ingin belajar dengan mengeksplore lebih peran masing-masing untuk pembelajaran yang selanjutnya. 


Reporter : Putri Nanda Aling | Editor : Yogi P | 

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!