Kilas Berita:

Kebumen Juara 1 Rastra Award 2017

Kabupaten Kebumen meraih juara 1 Rasta Award Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.




KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kabupaten Kebumen meraih juara 1 Rasta Award Provinsi Jawa Tengah tahun 2017. Penghargaan bergengsi itu diserahterimakan dari Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, kepada Kepala Bagian Perekonomian Setda Kebumen Wahyu Siswanti saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 37 di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (4/11/2017).

Kabupaten Kebumen mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta atas prestasinya tersebut.

Menurut Wahyu Siswanti, penghargaan tersebut untuk kategori kabupaten terbaik di Jawa Tengah dalam hal manajemen pengelolaan beras untuk keluarga sejahtera rastra (Rastra). "Penghargaan ini untuk kategori Kabupaten. Alhamdulillah kita dapat juara satu," kata Wahyu Siswanti, Minggu (5/11).

Manajemen dalam pendistribusian beras rastra yang dimaksud, masih menurut Wahyu Siswati, yakni 6T : tepat jumlah, tepat sasaran, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi.




Menurutnya, keberhasilan Pemkab Kebumen meraih juara I Rastra Award karena didukung beberapa faktor. Mulai dari kerja sama tim koordinasi, realisasi penyaluran dan tepat waktu tepat sasaran kepada rumah tangga sasaran. Prestasi ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mendapat peringkat II.

Sementara itu, Desa Banyumudal Kecamatan Buayan yang ikut maju ke tingkat provinsi yang mewakili Kebumen atas inovasinya dalam penyaluran rastra, harus puas dengan menduduki peringkat kedelapan tingkat Jawa Tengah. Inovasi yang dilakukan yakni dengan memasang stiker 'khusus' yang ditempel di rumah KPM.

Tahun ini, terdapat 118.235 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima rastra di Kabupaten Kebumen yang terdiri dari unsur Program Keluarga Harapan (PKH) dan non PKH. (*)



No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!