Kilas Berita:

7 Makanan Khas Kebumen Ini Harus Kamu Coba

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kebumen adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah dengan banyak sekali wisata alam yang menabjukkan. Namun selain tempat wisata yang indah, kota walet ini ternyata mempunyai sejumlah makanan tradisional yang tidak kalah lezat bila dibandingkan dengan kuliner di kota lain.

Nah, buat kamu yang kebetulan lagi liburan atau mudik ke Kebumen, tidak ada salahnya untuk mencicipi beberapa kuliner khas yang populer di Kebumen ini.

Berikut daftar 7 makanan khas Kebumen yang harus kamu coba :

Lanting





Lanting atau Klanthing termasuk satu di antara oleh-oleh khas Kebumen yang sangat populer selain Sale Pisang dan Jipang Kacang. Bahkan kota Kebumen juga sering dijuluki kota Lanting. Makanan ringan kecil ini mempunyai bentuk angka 8 atau kalau dimiringkan membentuk simbol ‘tak terbatas’. Makanan kering berbentuk angka delapan ini menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya.

Pada awalnya, lanting ini hanya memiliki dua rasa saja, yaitu original dan bawang goreng. Tetapi, berbarengan dengan pergantian zaman sekarang ini lanting diproduksi dengan berbagai rasa, seperti rasa balado, keju, pedas manis, jagung bakar, dan rasa yang lain.

Daerah penghasil lanting diantaranya adalah kecamatan kuwasaran dan di kota karanganyar terutama di desa citra tani, adimulyo, karanggayam, dan sruweng.

Sate Ambal


Salah satu jenis kuliner di Kebumen dari olahan daging ayam adalah sate ayam khas Ambal. Sate Ayam Ambal bisa kita dapatkan di seluruh wilayah Kebumen, mulai dari bagian barat yaitu Gombong hingga ujung timur wilayah Kebumen yaitu Kutowinangun dan Prembun. Di pusat kota Kebumen sendiri banyak kita temui Sate Ayam Ambal seperti di sebelah timur kantor Kejaksaan Kebumen, di depan Rita Pasaraya Kebumen dan di Jalan Ahmad Yani, Kebumen. Namun jika ingin mengetahui persis dan mengenal lebih jauh tentang Sate Ayam Ambal kita harus berburu hingga ke desa Ambalresmi tempat asal usulnya Sate Ayam Ambal.

Jika biasanya sate madura menggunakan kacang tanah sebagai bahan dasar bumbunya, lain hal dengan sate ambal. sate ambal memanfaatkan sambal tempe untuk menciptakan citarasa yang unik lewat rasa pedas yang bercampur dengan jahe dan aneka rempah lainnya. sebelum dibakar, daging sate telah dimasak terlebih dahulu dengan rempah-rempah rahasia sehingga rasanya menjadi lembut dan gurih.

Jipang Kacang





Selain lanting, Kabupaten Kebumen juga dikenal sebagai penghasil makanan khas berupa jipang kacang. Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang. Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Persis seperti yang diajarkan nenek moyang dulu. Hanya ada perubahan pada bungkusnya. Kalau zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini menggunakan bungkus plastik.

Soto Tamanwinangun


Soto tamanwinangun pada prinsipnya sama dengan soto-soto lainnya, di dalamnya terdapat tauge, kol atau kubis, bihun atau soun dengan tambahan potongan daging ayam atau daging enthok. untuk santapan makan malam, angkah baiknya ditambahkan lontong atau kupat, karena soto tamanwinangun memang tidak menggunakan pelengkap nasi. Penjual soto tamanwinangun umumnya membuka usahanya mulai sore hari jelang petang hingga tengah malam. Hampir di seluruh penjuru jalan dalam kota, gerobak-gerobak soto tamanwinangun dapat dijumpai di pinggir jalan Kusuma, jalan Kejayan, jalan Pahlawan sekitas tugu lawet dan jalan Pemuda kota Kebumen.

Sale Pisang

Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju.

Nasi Penggel





Nasi penggel merupakan makanan khas kebumen yang berupa nasi berbentuk bulat seperti bola pingpong yang disajikan diatas pincuk daun pisang. nasi tersebut kemudian diberi sayur nangka serta lauk pauk berupa kikil atau jeroan sapi. satu pincuk umumnya berisi 7 sampai 8 penggel. seporsi nasi penggel bisa didapat dengan harga delapan sampai sepuluh ribu rupiah saja.

Yutuk Goreng


Apa itu yutuk? Yutuk yakni sejenis hewan laut yang mudah diketahui di pesisir pantai Kebumen, terutama pantai Petanahan. Oleh warga setempat, hewan bercangkang yang sama undur-undur ini diolah jadi bakwan ataupun rempeyek khas yang renyah dan gurih seperti udang.

Sumber: Antvklik.com



No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!