Kilas Berita:

OSIS dan PMR MTs Khaudlul Ulum Belajar Jurnalistik

Peserta antusias mengikuti pelatihan jurnalistik dasar. (Foto: Nasihin)
ALIAN (www.beritakebumen.info) - Indonesia saat ini memasuki era informasi. Media on line dan media sosial makin berkembang dan mendukung pesatnya arus informasi yang dapat diakses, disebarluaskan bahkan dibuat oleh semua orang. Penting kiranya generasi muda belajar tentang ilmu jurnalistik agar tulisan yang dibuat berkualitas tanpa melanggar etika. Karena itulah anggota dan pengurus PMR Madya serta OSIS MTs Khaudlul ‘Ulum Penajung, Alian dibekali dasar ilmu Jurnalistik.






Sebanyak 65 peserta, anggota PMR dan OSIS termasuk pembina, belajar tentang dasar-dasar jurnalistik bersamaan dengan kegiatan “Pemantapan dan Pelatihan Anggota PMR Madya” di MTs Khaudlul Ulum Penajung, Alian, Minggu (1/10/2017) lalu. Peserta antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber, Rachmat, dari Berita Kebumen On Line. Mereka mendapat materi tentang etika dan prinsip jurnalistik, teknik menyusun berita, dilanjutkan praktek hunting berita di lapangan.

Praktek hunting berita dan wawancara dengan pedagang Pasar Seruni dekat dengan lingkungan sekolah. (Foto: Nasihin)

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemantapan dan pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (30/09/2017 - 01/10/2017) ini menambahkan materi jurnalistik sebagai salah satu materi unggulan selain materi Kepemimpinan, Kesehatan dan Sanitasi, dan Pertolongan Pertama.






"Materi jurnalistik dasar merupakan salah satu materi unggulan dalam kegiatan ini, karena materi ini belum pernah ada pada pelatihan-pelatihan sebelumnya, dengan harapan dapat membekali peserta agar bisa menjadi penulis-penulis yang handal yang dapat dituangkan dalam Mading Madrasah," jelas M. Nasikhin, pembina PMR MTs Khaudlul Ulum.

Peserta mendapat arahan dari narasumber salam penyusunan berita. (Foto: Nasihin)
Unggul Wijayanto selaku Pembina Osis menambahkan, “Dengan pendidikan Jurnalis diharapkan siswa menjadi gemar membaca dan menulis di perpustakaan, untuk menambah pengetahuan".

Foto bersama usai pelatihan. (Foto: Unggul)

Di akhir kegiatan, peserta mempresentasikan hasil karya mereka untuk mendapat tanggapan dari narasumber. (bk/nas)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!