Kilas Berita:

Omset lebih dari 400 Juta, Pesta Wirausaha Kebumen 2017 Terbilang Sukses

Omset lebih dari 400 Juta, Pesta Wirausaha Kebumen 2017 Terbilang Sukses
Pintu masuk Event Pesta Wirausaha Kebumen 2017 menjelang pemotongan pita oleh Bupati Kebumen.
(Photo: Yogi Permana)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pesta Wirausaha Kebumen 2017 telah 2 hari yang lalu usai  menjamu warga masyarakat di Kabupaten Kebumen, tepatnya pada tanggal 1-5 Oktober 2017. Acara tersebut diinisiasi oleh Paguyuban UMKM yang bekerjasama dengan KODIM 07/09 dan didukung penuh oleh Pemerintahan Kabupaten Kebumen, dengan mengusung tema Kreatif dan Mandiri, seperti prinsip kuat para pelaku UMKM. 

Pesta Wirausaha Kebumen 2017 benar-benar menjadi hajatan pelaku UMKM di Kebumen, tanpa memakai jasa E.O, mereka saling bekerjasama bahu membahu membuat event yang tidak main-main. Berlokasi di Jalan Veteran tepatnya depan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen. 

Peserta yang ikut pun tidak tanggung-tanggung, karena jumlah stan acara yang diselenggarakan para pelaku UMKM tersebut ada sebanyak 85 stan, yakni stan Kodim, stan UKM, stan SKPD terkait, dan stan Sponsor.

Ke-85 stan tersebut memiliki jenis usaha yang berbeda-beda, meliputi kuliner, craft, produk unggulan, agro, Bumdes, ukm start up, ukm street, fashion dan jasa.

Selain itu, kegiatan yang baru pertama diadakan ini dikemas dalam bentuk serangkaian acara berupa Pameran Produk UMKM Kebumen, Launching Program Warung Komsos dari Kodim 0709, workshop Kewirausahaan, Lomba-lomba serta berbagai atraksi dan hiburan.

Event pertama UMKM tersebut terbilang sukses, dengan rerata pengunjung yang datang berkisar 1000-2000 orang per harinya.

"Selama 5 hari acara Pesta Wirausaha Kebumen 2017 berlangsung, omset yang didapatkan mencapai lebih dari 400 juta. Ini melihat dari laporan keuangan yang dikumpulkan kepanitia. Rata-rata dalam laporannya, perharinya mendapatkan 1 juta rupiah per stan. Jadi, jika ada 85 stan dan berlangsung 5 hari, sudah terlihat kisarannya. Bahkan ada beberapa stan yang selama 3 hari sudah mendapat lebih dari 10 juta," ungkap ketua panitia Pesta Wirausaha Kebumen 2017, Setya Widada S. E dalam sambutannya saat acara penutupan.

Hal itu terbukti, saat pengunjung masuk kedalam pameran, sebagian besar keluar membawa bungkusan. Itu membuktikan ada transaksi di dalam event Pesta Wirausaha Kebumen 2017.

Selain itu, Pak Setya Widada juga memaparkan bahwa gaung pesta wirausaha Kebumen 2017 jangan sampai berhenti disini saja, namun ada kelanjutannya agar tidak hilang begitu saja.

"Saya kaget, bisa seperti ini. Luar biasa sekali, Saya merasa bangga atas acara yang diinisiasi oleh temen-temen UMKM. Dan kalau bisa tahun depan harus lebih banyak lagi peserta yang ikut, sehingga bisa dari ujung selatan sampai ujung utara jalan veteran," tutur Pasi intel Kodim 0709/Kebumen Kapten Arh M. Kholiludin.

Beliau juga memberikan pesan bahwa yang bisa kita raih, minimal harus kita pertahankan, artinya saling membantu untuk bisa bergerak maju. Beliau juga berharap nantinya, warung komsos yang telah dilaunching saat Pembukaan Pesta Wirausaha Kebumen 2017 dapat diisi oleh produk-produk UMKM Kebumen.

Apresiasi juga diberikan kepada penyelenggara Pesta Wirausaha Kebumen 2017 yakni para pelaku UMKM oleh perwakilan dari Disnakerkop UKM.

"Pelaksanaan acara seperti Pesta Wirausaha Kebumen ini ditahun-tahun berikutnya bisa diperpanjang lagi menjadi 1 minggu, kemudian informasi disebarkan pada jauh-jauh hari. Karena acara yang informasinya hanya sekitaran Kebumen kota saja bisa sehari 1000-2000 pengunjung, apalagi jika penyebaran informasi sampai jauh,"  ungkap Pak Gunawan Widhi Wibowo S. E selaku sekretaris Disnakerkop UKM.

Menurut penuturan beliau, Disnakerkop UKM siap mensupport acara Pesta Wirausaha Kebumen ditahun berikutnya, tahun 2018. Selaras dengan Pak Kholil, Pak Gunawan juga mengharapkan bisa lebih banyak peserta lagi tahun depan, serta lebih meriah dengan berbagai acara yang mendukung seperti lomba dan pelatihan.

Dalam acara penutupan Pesta Wirausaha Kebumen 2017 juga dilakukan pengumuman undian Umroh Gratis, yang dimenangkan oleh Ibu Sujiatun dari Kutowinangun.

Kemudian acara penutupan Pesta Wirausaha Kebumen 2017 diakhiri dengan penampilan seni beladiri dari para TNI yang disaksikan oleh para tamu undangan, peserta dan para pengunjung.  (BK02/ Yogi)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!