Kilas Berita:

Karya Seni Bernilai Tinggi dengan Memanfaatkan Limbah Paralon Bekas

Kreasi dari Paralon Bekas. (Photo : Teguh Margiyanto)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Paralon bekas mungkin merupakan benda yang tidak bermanfaat bagi kebanyakan orang. Namun di tangan Achmad Nursodik tersebut mampu diolah menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi. Lewat tangan kreatifnya, Galeng Alit sapaan akrabnya mampu menyulap paralon bekas menjadi beragam souvenir dan pernak-pernik yang begitu menarik. Seperti tempat tisu, asbak, kaligrafi, hiasan lampu, toples, tempat pensil, vas bunga dan masih banyak lagi produk lainnya.

Hanya bermodal potongan paralon bekas, alat pembakar, cat pernis dan alat pemotong seperti gerinda potong dan gergaji ukir, semua limbah diolah menjadi kerajinan yang mampu bersaing dan menjadi karya seni bernilai jual tinggi.

Ide awal pembuatan paralon bekas ini, bermula tiga bulan yang lalu saat putrinya disuruh buat kerajinan tangan oleh gurunya dari limbah plastik, kemudian muncul ide memakai paralon bekas.




“Membuatnya tidak rumit, harus berjiwa seni dan butuh ide kreatif dan pemikiran yang matang,” kata pria kelahiran kebumen.

Untuk mengenalkan kerajinan buatannya, Galeng mengaku menitipkan di galeri NDELIK milik temanya. Bersama galeri NDELIK juga pernah menyabet juara 2 dipameran Pesta Wirausaha Kebumen 2017 yang digelar tanggal 1-5 oktober kemaren. “Alhamdulillah dengan mengikuti pameran kerajinan dan seni, banyak yang kenal kerajinan tangan buatan saya dan Alhamdulillah karya saya sangat dihargai,” ungkap pria yang juga aktif dalam kegiatan sosial ini.

Ia berharap pemerintah dapat menggandeng pelaku usaha kecil untuk mengembangkan usaha mereka sehingga produk produk yang dihasilkan dan bernilai jual tinggi dapat dipasarkan secara meluas. 

“Dengan adanya karya seni ini, dapat membuat wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke kebumen, dan membeli produk yang benilai seni ini sebagai buah tangan,” menjadi harapannya. (BK/03/chan)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!