Kilas Berita:

Durian Cangkring Siap Dipanen Awal Tahun Depan

Bupati Kebumen, Ir. H. Mohammad Yahya Fuad, S.E. saat melihat pohon durian di sekitar embung Cangkring, Sadang, Selasa (10/10/2017). (Foto: Humas Kebumen)




SADANG (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 1.945 pohon durian yang ditanam di sekitar embung di Desa Cangkring, Kecamatan Sadang, saat ini sedang diujicoba untuk dibuahkan. Dari jumlah itu, sedikitnya ada 400 pohon sedang dirangsang pertumbuhan buahnya.

Diharapkan budidaya durian yang dibiayai oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) 2014 akan dapat panen perdana pada Januari-Februari 2018 mendatang.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, yang meninjau embung tersebut, Selasa (10/10) berjanji akan kembali datang ke tempat tersebut saat panen durian perdana. Yang diprediksi pada Januari atau Februari 2018 mendatang.

"InsyaAllah, saya akan datang lagi ke sini untuk panen durian perdana bersama-sama. Jadi, tolong dijaga dan dirawat betul agar hasilnya bagus" kata Mohammad Yahya Fuad, disela-sela dialog dengan para petani durian.

Saat ini, di sekitar embung tersebut juga sudah ditambah pohon durian bantuan dari Kementerian Pertanian. Adapun pohon yang baru ditanam delapan bulan lalu sebanyak 1.800 pohon.

Yahya Fuad, berjanji untuk memudahkan akses ke kebun durian tersebut. Pihaknya akan segera memperbaiki jalan aspal yang rusak sepanjang dua kilometer.

"Bagi tugas ya dengan bu Kades, saya perbaiki jalan aspalnya supaya mulus, bu Kades buat jalan kebunnya supaya pengunjung nyaman" kata Bupati saat menjawab permintaan warga.

Sekitar 300 meter dari Embung Cangkring juga sedang dibangun embung lagi dengan anggaran sekitar Rp 750 juta. Diharapkan akan jadi kawasan
agrowisata dimasa depan," ujarnya.

Embung Cangkring dibangun pada 2011 dengan luas tanah 11.800 meter persegi didanai APBD provinsi sebesar Rp 912,3 juta. Kini petani dapat memanfaatkan air maupun lahan di sekitar embung dengan jenis tanaman yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kunjungan bupati ke kebun durian itu merupakan rangkaian dari kegiatan safari subuh di Masjdi Baiturrohman di Desa Pucangan, Kecamatan Sadang. (ori/Humas Kebumen)



No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!