Kilas Berita:

66 Tahun Vakum, Pertunjukan Wayang Meriahkan Grand Opening Mexolie

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pertunjukan wayang meriahkan acara Grand Opening Of Mexolie Hotel Kebumen, Jumat (29/09) pukul 20.30 WIB bertempat di Nabatiyasa Ballroom Hotel Mexolie, Kebumen. Grand Opening tersebut di meriahkan oleh Pertunjukan Wayang yang baru digelar kembali dalam kurun waktu 66 tahun.
Pertunjukan wayang meriahkan acara Grand Opening Of Mexolie Hotel Kebumen, Jumat (29/09). Foto: Sekarjagadtv.com
Pemandangan menarik terlihat, ketika dalam acara tersebut hadir Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jateng mewakili Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Ketua komisi III DPR RI, Bambang Susatyo dari Golkar, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad beserta rombongan dan beberapa jajaran di Pemerintah Kabupaten Kebumen serta tamu undangan dari berbagai kalangan. Setelah acara grand opening turut memeriahkan ki dalang Enthus Suswono yang mementaskan seni wayang semalam suntuk dengan lakon Babad Alas Wanamarta.




Grand opening tersebut sempat lama tertunda, begitu pula proses pembangunanya yang juga sempat dihentikan dengan adanya surat dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah bernomor 716/101.SP/BPCB/P-IV/2013 tertanggal 11 April 2013. Selain itu pada proses sewa kawasan juga banyak dipermasalahkan banyak pihak, ditambah beberapa kali berganti kepemilikan sampai dengan isu tentang penjualan aset-aset mexolie.

Pada acara pertunjukan wayang sebelumnya sempat diguyur hujan, namun tidak mempengaruhi antusias masyarakat sekitar. Ribuan masyarakat hadir untuk menyaksikan pertunjukan dari dalang asal kota Tegal. Salah seorang pengunjung, Ari (42) mengungkapkan, ‘Saya senang dengan adanya pertunjukkan wayang oleh dalang Enthus, ini untuk nguri-uri budaya’ tandasnya.

Pertunjukan Wayang tersebut baru digelar kembali dalam kurun waktu 66 Tahun sejak terakhir digelar 3 juni 1951 pada acara kembali operasinya N.V Mexolie setelah Konferensi Meja Bundar. Dikelolanya kembali N.V Mexolie oleh Belanda merupakan dampak dari hasil perundingan KMB.

Sumber: sekarjagadtv.com

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!