Kilas Berita:

Mahasiswa UMNU Kebumen Dibekali Bela Negara, Karakter Kridatama, dan Enterprenenurship

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama disingkat UMNU Kebumen melaksanakan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus dengan nama Ta’aruf Kampus baru-baru ini. Bukah hanya materi pengenalan mengenai perkuliahan saja, materi di luar kampus yang mendukung softskill, kedisiplinan, dan ketaatan juga diberikan kepada para peserta. Materi yang dimaksud mulai Bela Negara, Karakter Kridatama, dan Enterprenenurship.





Ketua Panitia, Joko Sutrisno, M.Pd. mengatakan, terdaftar 130 mahasiswa baru dari sepuluh Program Studi UMNU Kebumen di tahun angkatan 2017-2018. Ini merupakan angkatan ketiga sejah berdirinya UMNU Kebumen tahun 2014 lalu.

Umnu merupakan satu-satunya universitas di Kebumen dan mengusung karakter Kridatama, akronim dari Kritis dalam Pemikiran, Damai dalam Perbedaan, Taat terhadap Hukum, dan Manusiawi dalam Perbuatan.

Materi Bela Negara disampaikan oleh Kodim 0709/Kebumen dilanjutkan materi tentang Kridatama.

“Mahasiswa UMNU Kebumen haruslah mempunyai karakter, sebagaimana yang diusung oleh Universitas yakni Kampus berkarakter KRIDATAMA yang sampai saat ini masih selalu dikaji untuk naik tinggat dijadikan sebagai suatu karakter Bangsa Indonesia. KRIDATAMA sendiri adalah akronim dari Kritis dalam Pemikiran, Damai dalam Perbedaan, Taat terhadap Hukum, dan Manusiawi dalam Perbuatan, dengan mempunyai karakter tersebut dalam diri masing-masing individu merupakan harapan dari disusunnya suatu gebrakan ini sebagai Reinventing atau mengingat kembali disaat karakter bangsa yang mulai luntur” tutur Mustolih, M.Pd.,M.Pd.I selaku narasumber dalam materi karakter Mahasiswa dan Bangsa.

Selanjutnya, sebagai pelengkap pengetahuan dan bisa dijadikan sebagai salah satu pengaplikasian dari hadirnya suatu karakter, diberikan materi enterpreneurship oleh Amin Saefudin, S.E.,M.P.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam Taaruf Kampus UMNU Kebumen juga dilaksanakan bakti sosial untuk menciptakan jiwa sosial di dalam diri mahasiswa. Kali ini diberikan kepada Yayasan Buana Putera dan masyarakat sekitar yang membutuhkan. Bakti Kampus dengan bersih-bersih kampus dilaksanakan pula untuk menciptakan jiwa kebersihan serta lebih menghargai kampus.




Di penghujung acara, malam inagurasi menampilkan berbagai penampilan kreativitas dari seluruh mahasiswa baru dalam bentuk Opera, Bernyanyi, Menari, dan pertunjukan lain bersama organ tunggal syariah. (bk/ra)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!