Kilas Berita:

Gara-gara Komentar di Medsos, Pelajar Ini Dibina Polisi

KARANGANYAR (www.beritakebumen.info) - Jarimu Harimaumu, istilah tersebut mungkin cocok untuk menggambarkan kejadian yang dialami Prasongko (16) seorang pelajar kelas dua di salah satu sekolah SMK di Karanganyar Kebumen. Prosongko, warga Jatiluhur kecamatan Karanganyar Kebumen terpaksa harus berurusan dengan polisi akibat komentar tulisannya di media sosial Facebook.

Pemilik akun Facebook dengan nama “Oloy Cilik Bms Jr” menulis komentar pada sebuah postingan di salah satu group Facebook,“Liaran ora ana mundure.. polisie cekel taleni nang wit gedang baen nggo lemon,” Minggu (03/09) sekira pukul 13.43 silam. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih seperti ini:
“Balapan liar tidak ada mundurnya, polisinya diikat di pohon pisang aja untuk dijadikan pupuk.”

Kalimat tak pantas itu pun direspon aparat kepolisian. Tim Cyber Polres Kebumen dan Polsek Karanganyar mengamankan Prasongko Rabu (13/09) di sekolahnya.

“Tentunya dengan meminta izin terlebih dahulu dari pihak sekolah." jelas Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto, Kamis (14/09/2017).



Dihadapan polisi, saat dimintai keterangan di Polsek Karanganyar yang saat itu didampingi Ibunya, Prasongko telah mengakui perbuatannya. Dirinya juga telah membuat surat pernyataan yang isinya tidak akan mengulangi lagi, serta permintaan maaf kepada polisi.

“Benar, pemilik akun itu adalah Prasongko. Kita sudah ketemu, dia juga sudah minta maaf dan mengakui bahwa perbuatannya salah,” ujar AKP Willy.

“Motifnya hanya iseng. Dan itu sangat tidak tepat sekali,” imbuhnya.

Saksi, Brigadir M Aditya Suhendro mengatakan, Prasongko telah diberikan pembinaan saat di Polsek Kranganyar. “Saat di Polsek, kami berikan pembinaan dan pemahaman, agar dikemudian hari tidak diulangi lagi. Ya, saat itu didampingi ibunya,” ucapnya.

Kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat pengguna media sosial untuk dapat mengendalikan diri dalam memposting sesuatu. Juga para orang tua untuk senantiasa mengawasi tindak-tanduk dan pergaulan putra putrinya di dunia maya melalui media sosial. (*)






KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!