Kilas Berita:

Festival Cepetan, Nguri-uri Budaya Sejak Dini

Festival Cepetan Kabupaten Kebumen diikuti para peserta siswa SD.
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Festival Cepetan tingkat Kabupaten Kebumen diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Sabtu (2/9/2017). Peserta adalah siswa SD perwakilan dari 24 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan di Kebumen.

Para peserta menampilkan tari cepetan yang merupakan kesenian asli Kabupaten Kebumen dengan beragam gaya dan versi masing-masing.

"Tak hanya sekedar menari, tetapi mereka juga membawakan kisah cepetan dengan beragam versi dari masing-masing peserta," terang Panitia Festival Cepetan tahun 2017, Eko Haryono.

Salah satu tujuan festival ceptan dengan peserta pelajar SD ini, menurut Eko, adalah sebagai upaya memperkenalkan dan nguri-uri kesenian tradisional lokal asli Kabupaten Kebumen sejak dini.  "Karena yang akan nguri-uri kebudayaan kita nantinya adalah mereka-mereka ini. Jadi kami ingin mengenalkan sejak dini kepada mereka," imbuhnya.

Dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen, ada 2 dua kecamatan yang tidak mengirimkan peserta Festival Cepetan yang baru pertama kali digelar ini. Yakni Kecamatan Rowokele dan Kecamatan Sempor.

Sementara itu, peserta perwakilan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sruweng berhasil meraih juara I pada festival ini. Juara II diraih peserta perwakilan dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ayah dan juara III diraih UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gombong. Kemudian Kecamatan Puring mendapat juara harapan I, juara harapan II oleh Kecamatan Kutowinangun dan harapan III Kecamatan Padureso. 






KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!