Kilas Berita:

Bersama KODIM 07/09 dan Dukungan Pemkab, Paguyuban UMKM Kebumen selenggarakan Pesta Wirausaha Kebumen 2017

desain oleh Anom Klamite

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pesta Wirausaha Kebumen 2017 akan menjamu warga masyarakat di Kabupaten Kebumen, pada tanggal 1-5 Oktober 2017. Acara yang diinisiasi oleh Paguyuban UMKM yang bekerjasama dengan KODIM 07/09 dan didukung penuh oleh Pemerintahan Kabupaten Kebumen tersebut, mengusung tema Kreatif dan Mandiri, seperti prinsip kuat para pelaku UMKM. 

Kegiatan yang baru pertama diadakan ini dikemas dalam bentuk serangkaian acara berupa Pameran Produk UMKM Kebumen, Launching Program Warung Komsos, workshop Kewirausahaan, Lomba-lomba serta berbagai atraksi dan hiburan. Selain produk lokal UMKM Kebumen, kegiatan ini juga diikuti oleh BUMDES dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen yang akan menampilkan berbagai usahanya. 




Ada berbagai perlombaan dan juga workshop yang bisa diikuti oleh masyarakat, yaitu Lomba Mewarnai TK/SD, Lomba Tahfidz SD kategori putra dan putri, Lomba Foto Destinasi Wisata, Lomba Kreasi dari Bahan Limbah, Lomba Memasak Instansi, Lomba Stand keratif dan Lomba Foto di Area Pesta Wirausaha Kebumen 2017. 

Kegiatan ini akan diawali dengan pembukaan oleh Bupati Kebumen selanjutnya Atraksi TNI oleh KODIM 07/09. Atraksi TNI juga akan ditampilkan pada penutup kegiatan, sebagai perayaan HUT TNI. Namun, selain atraksi TNI, panitia juga telah mempersiapkan berbagai kegiatan lain yaitu workshop pada siang hari dan atraksi setiap malam.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Keberadaan UMKM telah memberikan manfaat langsung terhadap sekitar 100 juta jiwa tenaga kerja Indonesia atau sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional (Kemenkop UKM, 2011). Oleh karena itu wajar jika pelaku UMKM disebut sebagai penyelamat ekonomi bangsa. Tanpa keberadaan UMKM, entah bagaimana cara bangsa ini menyediakan pekerjaan bagi warga negaranya. 

Karena alasan tersebut, UMKM terus semangat untuk melakukan pengenalan produknya kepada masyarakat. Salah satunya adalah melaksanakan kegiatan Pesta Wirausaha Kebumen 2017 yang juga telah didukung penuh oleh Pemkab. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan produk loka; UMKM Kebumen pada masyarakat dan jajaran pemerintah setempat, meningkatkan omset penjualan dan yang terpenting adalah menumbuhkan rasa bangga dan cinta masyarakat terhadap produk local UMKM Kebumen. (BK/Ririn)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!