• Kabar Terkini

    09 May 2017

    Perkuat Nilai Peradaban Kebangsaan Melalui Jurnalistik, PP. Al Fallah gandeng Fokalis Kebumen Adakan Pelatihan

    Brigita Manohara, Keynotespeaker Pelatihan Jurnalistik PP. Al Fallah.
    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Peradaban manusia senantiasa berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Informasi memiliki peran yang penting dan besar pengaruhnya bagi peradaban yang ada. Informasi menjadi media pencerahan, pemersatu dan penggerak kekuatan nilai peradaban kebangsaan. Sayangnya, informasi dapat pula menjadi pemicu timbulnya kekisruhan, perpecahan, meruntuhkan persatuan dan nilai-nilai kebangsaan jika tidak diproduksi secara benar.

    Di era digital dan internet saat ini, informasi begitu pesat, komunikasi seolah tanpa batas. Siapa pun dapat dengan mudan memperoleh, menyebarkan bahkan membuat informasi tanpa memperhatikan etika jurnalistik. Tak jarang informasi yang ada dan tersebar luas melalui media sosial berisi berita bohong (hoax), sara, tidak objektif, saling tuding dan menjadi pemicu perpecahan bangsa.

    Maka dari itu, perlu adanya pengetahuan tentang jurnalistik bagi masyarakat khusunya generasi muda melalui pelatihan jurnalistik. Mengingat media masa sebagai salah satu media pendidikan sosial masyarakat baik cetak, elektronik, televisi,radio dan media sosial semakin tumbuh berkembang.

    Bagaimana memilih, menggunakan dan memakai media yang benar akan disampaikan Forum Komunikasi Jurnalis (Fokalis) Kebumen melalui Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Menggali Kreaifitas Ilmu Jurnalistik sebagai Kekuatan Nilai Peradaban Kebangsaan". Pelatihan akan dilaksanakan Jum'at (12/5/2017) di PonPes Al Falah, Desa Sumberadi, Kec/Kab Kebumen. Peserta para pelajar SMA/SMK, mahasiswa dan santri PonPes Al Fallah.

    "Media masa kini dikatakan 'guru peradaban bangsa', namun disatu sisi kebebasan media sangat menghawatirkan bagi pengguna dan pembaca konsumen media.dalam ilmu jurnalistik media masa sebagai agen perubahan harus memuat unsur informasi dan pendidikan masyarakat." terang Eko Wahyudi, panitia pelaksana.

    Pelatihan Jurnalistik dalam rangka Pra Haul Akbar Asyekh Thoifur dan Asyekh Abdurrahman beserta Masyayikh Jam'iyyah Thoriqoh Syadziliyyah, Pondok pesantren Al Fallah tersebut menghadirkan Presenter Tv One Brigita Manohara serta para penggiat jurnalistik lokal dari Kebumen.Com, Berita Kebumen On Line, WartaOne, Sorot Kebumen, Suara Merdeka, Kebumen Ekspres, Kebumen News, Kedaulatan Rakyat dan Penggiat Medsos.

    Tujuan diadakan pelatihan ini agar masyarakat bisa mempunyai dasar skill jurnalistik. Adanya keterlibatan pemuda, santri ,siswa dan mahasiswa untuk turut partisipasi dalam pembangunan melalui media jurnalistik. (BK/mat)





    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Perkuat Nilai Peradaban Kebangsaan Melalui Jurnalistik, PP. Al Fallah gandeng Fokalis Kebumen Adakan Pelatihan Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas