• Kabar Terkini

    26 March 2017

    Jalan Menuju Sumberadi Ambles

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Jalan dari Desa Kalirejo menuju Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen sudah lama ambles, namun belum dilakukan perbaikan. Bahkan kini di dekat lokasi ambles di tepi sungai serta di mulut jembatan mulai retak-retak.

    Warga di Desa Kalirejo dan Sumberadi merasa khawatir dengan kondisi jalan dan jembatan tersebut.

    Apalagi jalan ambles itu sudah terjadi setahun ini. Lokasi yang ambles cukup membahayakan pemakai jalan karena di tepi sungai dan persis di pertigaan dari arah Desa Kalirejo dan Jalan Kedungbener menuju Desa Sumberadi yang melalui sebuah jembatan.

    Bahkan lokasi jalan ambles itu setiap hari ramai dilalui warga. Apalagi di Desa Sumberadi ada dua pondok pesantren besar, yaitu Al Kahfi dan Al Falah Somalangu.

    Selain itu juga ada lembaga pendidikan yang dikelola dua pesantren serta ada SMP6 Kebumen. Warga yang setiap hari melalui jalan tersebut juga mengeluhkan kondisi jalan ambles dan makin rusak.

    Warga sebatas mengurukg dengan tanah dan menutup longsoran tebing sungai dengan bambu. Namun mereka berharap penanganan yang permanen serta dibuat talut pengaman yang kokoh.

    Dilaporkan DPU

    Camat Kebumen Sumarno yang dihubungi kemarin membenarkan kerusakan jalan tersebut. Dia mengakui, meskipun jalan desa, lokasinya berada di wilayah dalam kota. Ruas jalan yang ambles di Desa Kalirejo, namun berbatasan menuju Desa Sumberadi.

    Bahkan jalan yang ambles dekat dengan jembatan desa anak sungai Kedungbener dan kondisinya juga makin mengkhawatirkan karena ada retakan di beberapa lokasi diduga dampak dari amblesnya jalan di sebelahnya.

    Sumarno menegaskan, pihak masyarakat desa sudah berusaha mengamankan jalan yang ambles dengan urukan. Namun mengingat area yang ambles lumayan luas, butuh material yang besar dan konstruksi permanen.

    “Kami dan pemerintah desa sudah lapor ke DPU agar bisa ditangani secara permanen. Desa jelas tidak mampu untuk mengatasi kerusakan jalan tersebut,” tandas dia. Camat juga mengeluhkan minimnya sarana lampu penerangan jalan di malam hari.

    Padahal Jembatan Kalirejo menuju Sumberadi itu tak jauh dari Jalan raya Kedungbener dan selama ini ramai dilalui masyarakat maupun anak sekolah.

    Malam hari pun banyak warga dan santri keluar masuk Desa Sumberadi dari Pesantren Al Kahfi maupun Al Falah Somalangu menuju akses jalan nasional di Kedungbener, melalui jalan tersebut. (B3-26)

    Sumber: suaramerdeka





    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Jalan Menuju Sumberadi Ambles Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas