Kilas Berita:

Dukung Program Pengentasan Kemiskinan, STIE Putra Bangsa Kerjasama dengan PKH

Peserta PKH antusias mengikuti pelatihan manajemen keuangan keluarga dari P4M STIE Putra Bangsa Kebumen. (Foto: Rachmat)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pusat Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (P4M) STIE Putra Bangsa Kebumen berikan pelatihan manajemen keuangan keluarga kepada para ibu rumah tangga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan PKK di Desa Bandung, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Senin (6/3/2017). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan P4M STIE Putra Bangsa sebagai salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

"Kami ada beberapa MoU.Pernah dengan PLUT, nah kali ini dengan PKH,Program Keluarga Harapan." jelas Ketua P4M, Harini Abrilia Setyawati,SE,MSi di sela-sela acara.

Dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial", pelatihan telah berlangsung sejak bulan lalu dari desa ke desa di Kecamatan Kebumen. Mengingat peserta adalah level keluarga, maka materi yang diberikan diantaranya adalah manajemen keuangan rumah tangga, pencatatan keuangan sederhana rumah tangga, hingga bagaimana seorang ibu rumah tangga dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk menambah penghasilan keluarga.

Terpisah, Koordinator PKH Kecamatan Kebumen, Hafidudin Badrun Zaman, M.Pd.I menyambut baik kerjasama ini. Mengingat PKH adalah salah satu program umnggulan nasional dalam upaya pengentasan kemiskinan. Misi yang dilakukan tidak hanya pemberian bantuan, namun juga banyak hal yang dapat mendukung tercapainya keluarga yang sejahter seperti pemberdayaan, motivasi, perhatian terhadap pendidikan dan kesehatan, termasuk penyuluhan atau pelatihan manajemen keuangan keluarga. Sehingga para ibu rumah tangga yang berperan sebagai manajer keuangan keluarga dapat mengelola keuangan dan kebutuhan keluarga dengan baik. Secara tidak langsung tentunya dapat mendukung pengentasan kemiskinan untuk tercapainya keluarga yang sejahtera.

"Harapannya sebagai masukan dan pembelajaran bagi keluarga anggota PKH terkait bagaimana memanajemen keuangan khususnya di lingkungan keluarga, agar keluarga PKH bisa mengontrol pendapatan maupun pengeluaran keuangan keluarga. Sehingga harapannya dengan kegiatan-kegiatan pelatihan ini angka kemiskinan bisa tertekan,khususnya di Kecamatan Kebumen." terangnya.

Setelah PKH, rencananya P4M akan melanjutkan kerjasama pelatihan dengan Perpusda Kebumen. (bk/mat)





KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!