• Kabar Terkini

    06 March 2017

    1000 Lebih Bibit Pohon Hijaukan Pantai Bopong

    Anggota Komunitas B’NB saat bersama masyarakat desa dan Perhutani saat melakukan penanaman bibit pohon damar di Pantai Bopong, Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Seribu lebih bibit pohon dari berbagai jenis ditanam di kawasan Pantai Bopong, Kecamatan Puring, Kebumen, Minggu (5/3). Penghijauan yang digagas oleh B’NB Community itu mendapat dukungan dari Perhutani KPH Kedu Selatan dan Pemkab Kebumen.

    Bibit pohon yang ditanam di kawasan tersebut antara lain tanaman perindang. Seperti bibit damar 100 batang, akasia 430 batang, mahoni 100 batang. Selain itu juga ditanam berbagai jenis bibit pohon buah-buahan antara lain durian 140 batang, kelengkeng 60 batang, manggis hingga jambu air.

    Bibit pohon tersebut ditanam di kawasan Bantai Popong hingga Laguna Bopong oleh anggota komunitas B’NB atau komunitas bernyanyi sambil berinfak yang beranggotakan ibu-ibu. Mereka dibantu oleh anggota Karangtaruna Desa Surorejan yang dipimpin kepala Desa Surorejan, Sarwono.

    Ketua Komunitas B’NB Hj Sri Suratmi (61) menyampaikan, aksi penghinjauan yang bertajuk: Indahnya Melestarikan Lingkungan Hidup, Puring Ijo Royo-royo tersebut dalam rangka menghijaukan kawasan pantai Bopong. Saat ini kondisi pantai yang dirintis oleh pemerintah desa setempat menjadi objek wisata tersebut, sebagian masih gersang. Sehingga suasana sangat panas.

    “Lebih dari itu, kami ingin memberikan kesadaran kepada masyarkat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujar Sri Suratmi kepada Suara Merdeka di sela-sela
    penamaman.

    Di sela-sela penanaman, pihaknya juga memberikan pembelajaran kepada anak-anak Pramuka yang mengikuti acara tersebut untuk peduli lingkungan sejak dini. Harapannya dengan memiliki kesadaran menjaga lingkungan sejak usia dini, saat mereka dewasa akan benar-benar bisa berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

    “Dengan melibatkan masyarakat desa, kami berharap tumbuh rasa memiliki sehingga dapat merawat bibit pohon yang ditanam,” imbuhnya.

    Aksi penghijauan yang dilakukan oleh komunitas B’NB bukan yang pertama kali. Sebelumnya digelar aksi penghijauan di Desa Klopogodo, Kecamatan Gombong. Sebelumnya juga digelar penghijauan di kawasan hulu Waduk Sempor, di Pantai Logending, dan Pantai Suwuk.

    “Kami melakukan apa yang kami bisa. Yang penting bermanfaat bagi sesama,” imbuhnya.
    (Supriyanto/CN40/SM Network)

    Sumber: Suara Merdeka





    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: 1000 Lebih Bibit Pohon Hijaukan Pantai Bopong Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas