Kilas Berita:

Aplikasi SRC Permudah Urusan Surat-surat Kendaraan; Yuk Download Sekarang

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Satlantas Polres Kebumen mensosialisasikan penggunaan aplikasi SRC (Smart Regident Center) baru-baru ini. Aplikasi berbasis Android ini memiliki banyak fitur dan fungsi yang membantu mempermudah urusan surat-menyurat kendaraan bermotor. Salah satu fungsinya adalah sebagai‘STNK Reminder’, untuk mengingatkan masyarakat tentang batas waktu pengesahan dan perpanjangan STNK kendaraan bermotor.

Kapolres Kebumen AKBP Alpen, SIK., SIK., MH melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Aditia Mulia R, SIK menjelaskan bahwa aplikasi ini telah dikembangkan oleh Ditlantas Polda Jateng. “Untuk mempermudah pelayanan masyarakat, Ditlantas Polda Jateng menyiapkan aplikasi untuk membantu mengingatkan waktu jatuh tempo Pengesahan dan Perpanjangan. STNK kendaraan,” katanya.

Menurut Kasat Lantas seperti dimuat Tribratanews, masih banyak masyarakat yang lupa tanggal jatuh tempo Pengesahan dan Perpanjangan STNK, serta pajak tahunan kendaraannya karena kesibukannya. "Tahu-tahu sudah telat membayar pajak kendaraanya” ucap Kasat Lantas.

Dengan aplikasi ini, diharapakan hal tersebut tidak terjadi lagi. Masyarakat akan mendapatkan notifikasi dalam tempo antara 7 sampai 0 hari sebelum jatuh tempo Pengesahan dan Perpanjangan STNK, sehingga yang bersangkutan dapat segera mengurusnya dan terbebas dari denda.

Selain notifikasi pajak, aplikasi ini menyediakan banyak fitur dan informasi penting terkait urusan perpajakan dan surat-menyurat kendaraan bermotor seperti dijelaskan pada laman unduhan aplikasi SRC di Play Store sebagai berikut:
SMART (Sistem Manajemen Aplikasi Regident Terintegrasi) RC (Regident Center) Polda Jateng, merupakan aplikasi android yang memiliki fitur yang dapat digunakan untuk :

1. Cross Cek Barcode BPKB, untuk mengetahui keaslian BPKB dengan membandingkan data di RC dengan yang tertera di BPKB
2. Realtime Transaksi Pendaftaran dan Pembayaran Samsat
3. Jumlah Data Ranmor Polda Jawa Tengah dan Jajaran
4. Pertambahan Kendaraan Baru
5. Mutasi kendaraan, mutasi masuk dan mutasi keluar
6. Info proses BPKB
7. Mekanisme BPKB, untuk mengetahui alur pelayanan BPKB
8. PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) penerbitan BPKB
9. Persyaratan BPKB

10. Pendaftaran Reminder STNK
11. Data Reminder yang telah didaftarkan
12. Notifikasi reminder STNK.
- Merupakan pesan aktif untuk reminder STNK yang telah terdaftar dan saat mendekati jatuh tempo akan tampil berupa notifikasi/pesan tentang info jatuh tempo pembayaran pajak STNK tersebut.
- Notifikasi akan otomatis aktif mulai berjalan saat meng-instal aplikasi terbaru ini atau saat aplikasi mulai dijalankan kembali.
- Notifikasi berjalan mengikuti tanggal dan jam di perangkat handphone Anda.
- Pengecekan tanggal dan jam pada perangkat sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan penyesuai tanggal dan jam yang ada diserver pusat.
- Notifikasi berjalan dilatar belakang/background aplikasi diperangkat Anda.
- Jika perangkat mati dan dihidupkan kembali atau melakukan proses restart, segara buka kembali aplikasi ini untuk mengaktifkan kembali notifikasi reminder STNK ini.

13. Reset Notifikasi
- Jika saat aplikasi telah ter-instalasi sedangkan tanggal atau jam diperangkat Anda tidak sesuai, maka lakukan langkah Reset Notifikasi pada menu reminder STNK.
- Reset ini digunakan agar notifikasi yang telah berjalan akan ikut menyesuaikan tanggal dan jam diperangkat Anda.
- Jika Reset Notifikasi tidak dilakukan, maka notifikasi yang telah berjalan akan terus mengikuti tanggal dan jam saat pertama kali ter-instal atau dijalankan.

14. Mekanisme STNK, untuk mengetahui alur pelayanan STNK
15. PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) penerbitan STNK
16. Persyaratan STNK

17. Mekanisme SIM, untuk mengetahui alur pelayanan SIM
18. PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) penerbitan SIM
19. Persyaratan SIM
20. Kumpulan Soal
21. Latihan Ujian
22. Pendaftaran Online, untuk menampilkan web daftar online SIM

23. IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)
24. Pengaduan dan Saran
25. Login Anggota, untuk mengetahui data kendaraan dan riwayat transaksi kendaraan
26. Info Kendaraan
27. Download file
28. Video Petunjuk pemasangan stiker kendaraan

Aplikasi "SRC POLDA JAWA TENGAH" ini dapat diunduh secara gratis di Play Store atau KLIK DI SINI. Setelah terunduh dan diinstal di smartphone berbasis android, terdapat beragam fitur pada aplikasi tersebut. Untuk mengaktifkan fitur reminder STNK, bisa langsung memilih menu STNK, pilih menu Reminder dan kemudian melakukan registrasi. Aplikasi akan secara langsung mengirimkan notifikasi jatuh tempo Pengesahan maupun Perpanjangan STNK bagi setiap kendaraan yang terdaftar.

Jika belum paham penggunaan aplikasi ini, masyarakat dapat menanyakan langsung kepada petugas pelayanan yang ada di Samsat, maupun membaca pada banner yang di pasang di kantor Samsat yang berisi tentang tata cara penggunaan aplikasi STNK Reminder SRC. (BK/mat)



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!