• Kabar Terkini

    27 December 2016

    Nasib Tugu Renville Panjer

    Tugu Renville sebelum dan setelah adanya proyek pembangunan rel ganda.
    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Bangunan-bangunan bernilai sejarah di Kebumen kerap dipandang sebelah mata dan kurang mendapat perhatian. Bahkan keberadaanya terancam akibat pembangunan, seperti yang kini dialami Tugu Renville. Monumen sejarah yang berada di Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen itu nampak lusuh dan beberapa bagian mengalami kerusakan. Terlebih dengan adanya mega proyek rel ganda yang sedang berlangsung saat ini.

    Kondisi terahir, Senin (26/12/2016) terlihat bagian taman tugu tersebut porak-poranda diterjang pembangunan rel ganda. Beberapa kerusakan di bagian tugu juga dimungkinkan akibat hantaman benda keras dari proyek rel ganda.

    Banyak masyarakat menyayangkan fenomena yang dialami Tugu Renville. Mereka mengungkapkan hal itu melalui media sosial dan berupaya mem-viral-kannya agar tugu bersejarah tersebut tidak sampai tergusur.

    Salah satu pemerhati budaya, Fransiskus Widodo sangat menyesalkan dengan adanya fenomena tersebut. Tugu Renville merupakan simbol sejarah untuk mengenang para perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan negara ini. “Saya sendiri merasa sangat prihatin saat melihat nasib tugunya,” paparnya, seperti dimuat Kebumen Ekspres.

    Ia berharap adanya perbaikan tugu tersebut ke depannya. Selain itu sejarah mengenai tugu hendaknya dimasukan dalam kurikulum pada penataran para pemangku jabatan di Kebumen dan anak-anak sekolah. Pihaknya juga berharap agar generasi muda Kebumen tahu dan menghargai sejarah. “Darah dan nyawa para pejuang, telah mereka korbankan. Dan banggalah menjadi warga Kebumen, sebab Kebumen waktu itu menjadi peranan penting,” terangnya.

    Dengan adanya kebersamaan dan kepedulian baik dari pemerintah maupun masyarakat, lanjut, Fransiskus Widodo, diharapkan situs-situs sejarah mampu untuk dilestarikan. Situs sejarah juga merupakan sebuah warisan bagi para generasi berikutnya. “Jangan lupakan sejarah inilah pesan dari sang proklamator Indonesia Ir Soekarno,” ucapnya.

    Tak hanya budayawan, masyarakat umum pun berharap agar Tugu Renville tetap tegak berdiri dan tidak dihancurkan. "Tugu renvil. Saya harap masih tegak berdiri g di hancurkan." ungkap netizen Piol Sarjana Muda di grup medsos Berita Kebumen. (BK/mat/ekspres)



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Nasib Tugu Renville Panjer Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas