• Kabar Terkini

    25 November 2016

    Marak Pengganjalan ATM, Kapolsek Gombong Minta Masyarakat Waspada

    Petugas Polsek Gombong, Brigadir Sutikno menunjukkan patahan tusuk gigi yang di selipkan di slot ATM.
    GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Kapolsek Gombong, AKP Cahyadi Abdillah, S.Sos meminta masyarakat untuk berhati-hati bila bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM). Hal ini ditegaskan Kapolsek saat melaksanakan patroli di seputaran pasar Wonokriyo, Gombong (23/11).

    Pasalnya, kejadian yang amat merugikan konsumen ini sering terjadi, terutama pada atm yang tidak terjaga.

    “Berdasar dari laporan petugas yang terjun ke lapangan dan koordinasi dengan satpam perbankan, kejadian pengganjalan ATM cukup sering terjadi,” jelas Kapolsek.

    Terakhir, menurut Kapolsek Gombong, terjadi pada tanggal 22 November. Petugas Polsek Gombong yang melaksanakan pengawalan pengisian ATM salah satu bank menemukan batang tusuk gigi yang diselipkan di slot / lubang kartu ATM.

    “Kejadiannya di ATM Pusaka Indah, Karanganyar. Petugas kami langsung berkoordinasi dengan security bank dan tim Reskrim untuk ditindaklanjuti,” tegas Kapolsek.

    Modus penipuan

    Ditambahkannya, tujuan pengganjalan ATM adalah membuat atm yang masuk tidak dapat keluar lagi. Sehingga pengguna menjadi panik dan menghubungi nomor telepon palsu yang sudah dipasang pelaku di dinding ATM.

    “Dari sini penipuan berawal. Pengguna ATM diarahkan pada prosedur berbelit yang akhirnya berujung pada transfer uang pada rekening pelaku,” papar Kapolsek.

    Bisa juga, pelaku sudah menunggu di luar ATM. Sehingga pada saat pengguna kebingungan, dia segera berpura-pura menawarkan diri untuk membantu. Segera setelah itu, pelaku mencoba mencari tahu nomor PIN ATM dan berakhir pada tindakan menguras isi rekening pengguna.

    ” Untuk itu masyarakat agar jangan mudah percaya pada orang yang baru dikenal. Bila menemukan kasus sejenis, segera laporkan pada bank yang bersangkutan atau hubungi kantor polisi terdekat,” himbau Kapolsek Gombong menutup pembicaraan (Humas Res Kbm/ Gb1).



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Marak Pengganjalan ATM, Kapolsek Gombong Minta Masyarakat Waspada Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas