• Kabar Terkini

    24 November 2016

    Jalan Menuju Suwuk Dibiarkan Hancur

    PURING (www.beritakebumen.info) - Jalan menuju ke Pantai Suwuk di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kebumen dibiarkan hancur. Kerusakan jalan tersebut akibat dilewati truk bermuatan material untuk proyek jaringan jalan lintas selatan (JJLS).

    Kerusakan yang paling parah terjadi sepanjang 200 meter dari 3 kilometer jalan tersebut, tepatnya di perbatasan Desa Banjarejo dan Desa Tambakmulyo.

    Di tempat tersebut terdapat kubangan dengan kedalaman mencapai 60 centimeter. Kerapkali, pengguna jalan terperosok ke dalam kubangan tersebut. Bahkan ada mobil yang terjebak dalam kubangan dan harus diderek.

    “Kondisi ini diperparah dengan minimnya penerangan jalan, sehingga berbahaya saat dilintasi pada malam,” kata Badriyah (45), warga Desa Tambakmulyo. Lebih lanjut, penanganan jalan yang banyak terdapat kubangan itu memang sudah pernah dilakukan oleh pelaksana proyek JJLS.

    Namun menggunakan material yang bercampur tanah, sehingga kondisi tersebut justru memperparah kerusakan yang ada.

    Terlebih akhir-akhir ini diguyur hujan terus menerus. Sedangkan dari pihak terkait belum menyentuhnya. Sekretaris DPRD Kabupaten Kebumen Wijil Tri Atmojo yang ditemui Rabu (23/11) pun menyorotinya.

    “Kami meminta agar pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen segera memperhatikan kerusakan jalan tersebut,” kata politisi Partai Gerindra itu. Menurut Wijil, adanya proyek tersebut mestinya sudah ada pemberitahuan ke DPU Kebumen.

    Ditangani Segera

    Sehingga, dalam pelaksanaannya harus diiringi dengan pengawalan dan pengawasan pihak terkait. “Jika ada dampak dari pelaksanaan proyek tersebut, maka dapat ditangani dengan segera,” imbuhnya.

    Apalagi, lanjut Wijil, DPU Kebumen telah meluncurkan Unit Reaksi Cepat Bina Marga (URC Bima) DPU Kebumen yang menyiapkan personel di masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT).

    Mereka yang sudah terlatih itu pun siap dengan cepat menindaklanjuti setiap pengaduan masyarakat terkait kerusakan jalan di kabupaten berslogan Beriman ini. “Tapi kenapa kerusakan jalan menuju Pantai Suwuk tidak kunjung ditangani?” tandas Wijil.

    Terpisah, Kasi Jalan Bidang Bina Marga pada DPU Kebumen Misrodin, menjelaskan, penanganan yang dilakukan URC hanya untuk kategori penanganan kerusakan sedang dan ringan. Misalnya jalan berlubang.

    Di samping itu masuk jalan kabupaten yang saat ini memiliki panjang 975 Km. “Jalan yang menuju Pantai Suwuk itu masih non status. Provinsi saja belum menangani apalagi kami,” terangnya.

    Jalan non status yang ada di Kebumen dari jembatan Wawar Mirit-Buluspesantren-Tambakmulyo yang dikenal dengan Jalan Daendels. Misrodin mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk menangani kerusakan di jalan non status tersebut. (K5-49/suaramerdeka.com)



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Jalan Menuju Suwuk Dibiarkan Hancur Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas