Kilas Berita:

Bupati Kebumen Bakal Relokasi Korban Tanah Longsor Kutosari

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad didampingi Sekda Adi Pandoyo dan pejabat BPBD meninjau tanah longsor di Desa Kutosari persisnya di pinggir Sungsi Lukulo, Kebumen, Selasa (11/10).(suaramerdeka.com/Supriyanto)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Korban tanah longsor di Desa Kutosari, Kebumen bakal direlokasi. Pasalnya, kondisi rumah yang ada saat ini sudah tidak memungkinkan untuk ditinggali. Longsor susulan akibat erosi Sungai Lukulo tersebut kemungkinan besar akan terus terjadi.

Kepastian itu disampaikan oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad usai meninjau lokasi tanah longsor di Dusun Tembana, Desa Kutosari, Kebumen, Selasa (11/10). Kunjungan Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen Adi Pandoyo, Camat Kebumen Sumarno, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Muhyidin.

“Kami akan melakukan relokasi. Sebab, terlalu mahal jika harus memperbaiki tebing sungai,” ujar Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad di sela-sela kunjungan.

Sementara itu, untuk korban longsor di Gang Mangga Kelurahan Kebumen, bupati belum memastikan penanganannya. Pihaknya akan berhitung, apakah akan diperkuat tebing sungai atau apakah akan direlokasi. Tentunya pertama adalah mana yang paling aman bagi masyarakat, kemudian yang paling efektif dari segi pembiayaan.

“Nanti kalau dihitung apakah akan dipancang atau dibronjong untuk melindungi beberapa rumah. Jika biayanya terlalu besar mungkin akan lebih baik direlokasi,” ujar Bupati Mohammad Yahya Fuad.

Prinsipnya adalah, imbuh Bupati, negara segera hadir pada masyarakat yang terkena bencana. Sambil menunggu perbaikan atau relokasi rumah, maka akan diberikan dana untuk mengungsi. Terkait penanganan sungai, bupati akan mengusulkan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Seraya Opak (BBWSSO) untuk melakukan normalisasi sungai dan penguatan tebing.”Sebelum pengamanan masyarakat yang terkena imbas, harus diungsikan dan direlokasi,” imbuh bupati.
(Supriyanto/CN40/Suaramerdeka.com)



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!