Kilas Berita:

Bahari Kembangkan Keramik Batik Kebumen

BULUSPESANTREN (www.beritakebumen.info) - Bahari Imsyahri, warga Dukuh Joho Desa Kelapasawit Kecamatan Buluspesantren Kebumen mengkhususkan diri membuat keramik bermotif batik khas Kebumen. Bahkan, satu-satunya perajin keramik motif batik.

"Sudah 1,5 tahun lamanya saya menekuni keramik berhiaskan motif batik Kebumen. Sebelumnya, selama 10 tahun saya membuat keramik berhiaskan lukisan biasa yang dibuat dengan kuas, bukan dengan canting," ujar Bahari, di rumahnya, Minggu (16/10/2016).

Sepanjang kurun waktu 1,5 tahun perjalanannya menekuni keramik bermotif batik Kebumen, berulangkali Bahari mengikuti pameran di sejumlah kota di Jawa Tengah dan mendapatkan respon bagus dari pengunjung pameran. "Dari berbagai ajang pameran itulah biasanya saya mendapatkan pesanan. Bahkan, dengan banyaknya pesanan itu seringkali saya kesulitan meluangkan
waktu membuat stok produk," ujar Bahari yang juga memiliki profesi sebagai pembuat taman.

Adapun cara pembuatan motif batik pada aneka guci keramik yang permukaannya
masih polos adalah dengan menorehkan canting yang sudah diisi dengan cat khusus. Dari hasil penorehan cat dengan canting ini bisa langsung diperoleh motif batik tanpa harus melalui proses pencopotan malam seperti pembuatan batik pada kain. (Dwi/krjogja.com)



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!