• Kabar Terkini

    22 September 2016

    UMNU Ajak Mahasiswa Berkarakter 'Kridatama'

    Mahasiswa UMNU Kebumen kritis dalam pemikiran. (Foto: Dok UMNU)
    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen kembali menyelenggarakan “Ta’aruf Kampus” atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) bagi para mahasiswa baru angkatan 2016/2017. Bertempat di halaman kampus UMNU Jl. Kusuma No.75 Kebumen, OSPEK angkatan kedua ini diikuti 130 mahasiswa.

    Acara dibuka oleh perwakilan dari Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) UMNU Kebumen, Makruf Widodo, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ta’aruf kampus seyogyanya dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk lebih mengenal dinamika kehidupan kampus yang berbeda dengan atmosfer kehidupan di jenjang pendidikan sebelumnya.

    Kegiatan ta’aruf kampus ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni Jumat-Minggu (16-18/9/2016) dengan mengusung tema “Membangun Insan Berkarakter Kridatama, Menuju Rahmatan Lil ‘Alamin”.
    Ketua Panitia Ta’aruf Kampus, Hastri Firharmawan, M.Pd., menyampaikan bahwa tema ta’aruf kampus tahun ini tidak lepas dari budaya berpikir ilmiah yang bercirikan objektivitas, rasionalitas, keterbukaan, dan orientasi pada kebenaran.

    Masih menurut Hastri, kata “Kridatama” merupakan sebuah akronim. Kri berarti kritis dalam pemikiran, Da berarti damai dalam pergaulan, Ta berarti taat hukum, dan Ma berarti manusiawi dalam perbuatan. Dengan tema tersebut, diharapkan UMNU Kebumen pada akhirnya mampu melahirkan generasi-generasi yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan zaman.

    Selama kegiatan ta’aruf kampus, panitia menghadirkan tiga narasumber dari Dinas Dikpora, Dinas Pertanian dan Peternakan, dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kebumen. Ketiga narasumber membagikan pengalaman, motivasi, dan berbagai informasi penting lainnya bagi para mahasiswa. Kegiatan bhakti sosial juga dilaksanakan dengan membagiakan paket sembako bagi para sopir angkot dan tukang becak di sekitar wilayah kampus. Ta'aruf Kampus UMNU diakhiri dengan acara pentas seni (pensi) dari mahasiswa dan pemberian hadiah bagi para peserta terbaik.

    UMNU Kebumen merupakan satu-satunya universitas di Kabupaten Kebumen yang mulai menyelenggarakan perkuliahan pertama tahun 2015. UMNU Kebumen membuka sepuluh program studi antara lain : Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Anak Usia Dini, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Pertanian/Agroteknologi, Peternakan, Biologi dan Fisika. UMNU Kebumen menargetkan lembaga dan program studi yang ada terakreditasi B di tahun 2018 mendatang. (BK/mat)

    Salah satu penampilan kreatif di Pensi UMNU Kebumen 



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: UMNU Ajak Mahasiswa Berkarakter 'Kridatama' Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas