Kilas Berita:

Perpag Minta Karst Gombong Dikembangkan Jadi Wisata

Puluhan perwakilan Perpag Kebumen sedang audensi dengan Wkil Bupati di gedung F
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Persatuan Rakyat Penyelamat Karts Gombong (Perpag) Kebumen meminta kepada Pemkab Kebumen agar kawasan karts Gombong selatan tidak dijadikan lahan tambang. Melainkan mereka meminta agar kawasan kartas tersebut dikembangkan sebagai kawasan wisata, peternakan ataupun lainya. Hal itu disampaikan belasan perwakilan pengurus Perpag saat audensi dengan Wakil Bupati Kebumen di gedung F kompleks kantor Bupati, Kamis(22/9/2016). Selain wakil Bupati, hadir pula kepala Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal, Kepala Bappeda dan Asisten II Sekda Kebumen.

Ketua Perpag Kebumen, Samtilar menyampaikan, meski izin analisis dampak lingkungan PT Semen Gombong beberapa waktu lalu sudah gagal. Namun pihaknya masih tetap khawatir kedepan akan masih ada lagi upaya kegiatan penambangan di kawasan karts Gombong. Maka dari itu Perpag mengusulkan agar Pemkab Kebumen mengembangkan kawasan tersebut untuk wisata.

"Selain usul pengembangan wisata, kami juga berharap agar Pemkab Kebumen mengembalikan lagi luasan Kawasan Bentang Alam Karts (KBAK) di wilayah karts Gombong Selatan. Sebagaimana diketahui bahwa luasan KBAK sempat diubah dengan dipersempit beberapa tahun lalu,"harapnya didampingi sekretaris Perpag, Lapio disela-sela audensi.

Sementara itu Wakil Bupati Yazid Mahfud menjelaskan, sebenarnya Pemkab Kebumen telah mempunyai rencana untuk menjadikan kawasan karts Gombong dan wilayah Karangsambung sebagai wisata Geologi atau Geopark. Hanya saja rencana tersebut sedang dalam tahap penelitian. Wilayah pertama yang akan digarap dan sedang dalam tahap penelitian yakni Karangsambung.

Terkait dengan KBAK, saat ini kewenangan pengubahan segala sumber daya alam sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, termasuk KBAK. Sehingga Pemkab Kebumen tidak lagi mempunyai wewenang lagi dalam pengubahanya. Pengubahan luasan KBAK, sebenarnya dulu sudah melalui tahap pengkajian oleh Pemerintah Pusat. Sehingga pengubahanya juga tidak sembarangan.

"Kami selaku bupati dan wakil bupati sebenarnya mempunyai prioritas utama selama menjabat, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehingga apapun yang kami programkan, tentunya semata-mata untuk mensejahterakan masyarakat Kebumen," pungkas Wabup. (Beni / sorotkebumen.com)



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!