Kilas Berita:

Pekan Depan, Razia Kendaraan Sampai Tingkat Kecamatan Mulai Digencarkan

SEMARANG (www.beritakebumen.info) - Mulai pekan depan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng dan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jateng, akan mulai menggencarkan razia kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, dan pajak kendaraan bermotor.

Razia yang digelar sampai tingkat Kota Kecamatan itu dilakukan bersama-sama oleh seluruh Polres atau Kabupaten/Kota se Jateng.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jateng, Hendri Santosa mengatakan, pihaknya bersama Ditlantas Polda Jateng dan PT Jasa Raharja telah membuat kesepakatan bersama yang ditandatangani pada 13 September 2016 lalu.

"Maka dilakukan razia seluruh Kabupaten di Jateng, lokusnya di Kota Kecamatan," kata Hendri, Selasa (20/9/2016).

Ia menjelaskan, sebagian besar kendaraan bermotor yang masih menunggak pajak adalah sepeda motor. Diperkirakaan keberadaanya ada di pedesaan, sehingga razia dilakukan di tingkat Kecamatan. Rencananya, razia akan digelar mulai minggu akhir September sampai akhir Desember 2016.

Lokasi razia, lanjutnya, dilakukan bergantian dengan target lokasi sesuai pemetaan yang paling banyak terdapat penunggak pajak. Personel yang diterjunkan adalah gabungan dari Polres setempat, Unit Pendapatan dan Aset Daerah dan Jasa Raharja.

"Konsepnya tertib berkendara, tertib bayar pajak, dan tertib administrasi kendaraan bermotor. Kalau tidak bawa STNK, Helm, atau kendaraan tidak sesuai standar pabrikan, ya berarti melanggar dan kena tilang," katanya.

Di setiap lokasi razia, lanjut Hendri, juga akan diterjunkan mobil Samsat keliling. Melalui mobil tersebut, pengendara yang terjaring razia bisa langsung membayarkan pajaknya di tempat. Jika tidak dibayarkan, maka langsung ditilang dan harus ikut sidang di pengadilan. (*)

"Ini sebagai shock therapy agar masyararakat sadar untuk membayar pajak," kata Hendri.(*)


Penulis: m nur huda
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng




KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!