• Kabar Terkini

    01 September 2016

    Panen Jagung Melimpah, Harga Anjlok

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Para petani jagung di sejumlah kecamatan di Kebumen kini tengah memasuki panen raya dengan panenan yang melimpah. Sayangnya, kendati kualitas jagung cukup bagus, petani harga jualnya justru jatuh yaitu hanya Rp 2.500,-/kilogram.
     
    " Harga di musim panen lalu masih normal, mencapai Rp 3.500,-  per kilogram, sekarang malah turun menjadi Rp 2.500,- per  kilogram," ujar petani jagung Desa Sidogede Kecamatan Prembun Kebumen, Nuryanto, usai panen jagung di lahannya, Selasa  (30/08/2016).
    Menurut Nuryanto berdasarkan penjelasan para pedagang yang aktif berkeliling di lahan petani yang tengah panen jagung, penyebab  jatuhnya harga jagung saat ini adalah melimpahnya persediaan jagung hasil panen petani. Di sisi lain, jagung di tangan pedagang belum sepenuhnya diserap oleh pabrik pengolah jagung.
    " Menurut pedagang, banyak pabrik yang masih memiliki stok jagung cukup banyak, sehingga belum terlihat antusias membeli jagung milik pedagang," jelas Nuryanto.
    Kendati mendapatkan harga di bawah normal, menurut Nuryanto dan  sejumlah petani jagung di Prembun lainnya, para petani jagung hanya bisa pasrah dalam menyikapi kondisi harga jagung saat ini. Bahkan, mereka masih bisa bersyukur karena tak sampai menderita rugi.
    " Walau keuntungan sangat tipis, namun syukurlah hasil penimbangannya cukup mantap karena kondisi buah jagung yang sehat dengan butiran  yang terlihat bagus dengan jumlah butiran per bulirnya cukup banyak," ujar Mulyono, rekan Nuryanto. (Dwi/KRJogja.com)



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Panen Jagung Melimpah, Harga Anjlok Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas