• Kabar Terkini

    09 September 2016

    APBD Rp 10 Miliar untuk Berbenah Gua Jatijajar

    Salah satu sudut pemandangan di dalam Gua Jatijajar (Foto: wikipedia)
    AYAH (www.beritakebumen.info) - Gua Jatijajar yang berlokasi di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen telah lama menjadi salah satu objek wisata alam andalan Kebumen. Gua ini kali pertama ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama Jaya Menawi saat mencari rumput. Ia jatuh ke lubang yang ternyata adalah sebuah ventilasi yang ada di langit-langit gua tersebut. Awalnya pintu gua tertutup oleh tanah. Setelah tanah yang menutupi dibongkar dan dibuang, lantas ditemukanlah pintu gua yang sekarang menjadi pintu masuk. Panjang gua kapur ini mencapai 250 meter.

    Gua Jatijajar dibangun dan dikembangkan menjadi objek wisata tahun 1975 saat pemerintahan Bupati Kebumen Supeno Suryodiprojo. Menurut Darno, Kepala UPT Objek Wisata Gua Jatijajar, setelah 1975 nyaris tidak ada pembangunan di kompleks gua yang terbentuk secara alamiah tersebut. Barulah tahun 2016 ini Gua jatijajar berbenah.

    Pembangunan Gua Jatijajar dimulai bulan Juli 2016 lalu dengan menggunakan dana APBD sebesar Rp 10 Miliar. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 30 persen dan ditarget selesai Desember mendatang.

    Pintu masuk objek wisata dibangun, area parkir diperluas, jalan-jalan di sekitar gua dipercantik. Jalur baru yang berada di sebelah barat Gua Jatijajar juga dibuat dan jalan di Gua Dempok dekat Gua Jatijajar turut dipoles. Wahana permainan anak kedepan diperbanyak.

    "Kami berharap setelah Gua Jatijajar dipoles semakin menambah jumlah pengunjung," ujar Darno.

    Tiket masuk Gua Jatijajar kedepan juga akan menerapkan sistem tiket elektronik (e-ticketing). "Dengan adanya e-tiketing maka semua penjualan karcis akan terdokumentasi secara digital dalam sistem komputer," imbuhnya.
    (bk/mat)


    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: APBD Rp 10 Miliar untuk Berbenah Gua Jatijajar Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas