Kilas Berita:

SMK Ma’arif 2 Gombong Juarai Lomba Geguritan

Sigit Wibawanto, MM Puket III menyerahkan Thropi kepada Juara
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) -Seperti tahun sebelumnya, BEM STIE Putra Bangsa mengadakan Lomba Geguritan Tingkat SMK/SMA/MA se-Kabupaten Kebumen. Lomba Geguritan yang bertema “Menumbuhkan Karakter Berbudaya pada Generasi Emas Bangsa” ini dilaksanakan pada hari Senin (15/08/2016) bertempat di aula STIE Putra Bangsa Kebumen.

Ukhti Mahabbati selaku Ketua BEM mengatakan, bahwa tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk memunculkan rasa kebangsaan dan cinta budaya pada generasi emas bangsa, yaitu para pemuda Indonesia. Sehingga perlombaan tahun ini sangat kental dengan tema budaya.

Ukhti menambahkan demi memunculkan nafas kebudayaan dalam acara ini, panitia putri mengenakan kebaya  dan panitia putra mengenakan batik beserta blangkon. Selain itu, properti dan logo untuk acara ini pun dirangkai sedemikian rupa agar bisa mendukung kelancaran dan tercapainya tujuan acara.'Ujarnya.

Tidak hanya panitia, para juri pun memakai pakaian adat Jawa sehingga para peserta lomba benar-benar merasakan bahwa mereka dinilai dengan seksama. Dalam Lomba Geguritan ini mengundang tiga juri untuk menilai. Dua juri berasal dari dosen STIE Putra Bangsa Kebumen yaitu Bapak Wati Kusuma, S.E, M.Si., Ak. dan Bapak Hendrawan Prasetyo, S.Sos., M.Si. dan satu juri berasal dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen yaitu Bapak Eko Haryono, S.E.

Acara ini juga mengundang Indah Tri Rahayu, seorang siswa yang sudah sering mengikuti perlombaan macapat sebagai pengisi sesi hiburan untuk menurunkan ketegangan para peserta.

Peserta yang mengikuti Lomba Geguritan ada 39 siswa yang berasal dari 20 sekolah di Kebumen. Para peserta sangat antusias dengan acara ini. Hal ini dibuktikan dengan kostum dan atribut yang mereka kenakan. Meskipun panitia hanya meminta peserta untuk mengenakan pakaian kebaya tanpa rias bagi perempuan dan batik beserta blangkon bagi laki-laki. Hal tersebut menandakan bahwa setiap peserta menginginkan hasil yang terbaik untuk penampilan mereka.

Pemenang dari Lomba Geguritan Tingkat SMK/SMA/MA se-Kabupaten Kebumen yaitu
Rani Dwi Haryanti dari SMK Ma’arif 2 Gombong dengan judul “Jimat Pamungkas” (Juara I), Latifah Al-Khasbi dari SMK N 1 Karanganyar dengan judul “Kembang Budaya” (Juara II), dan Indah Pratiwi dari SMA N 1 Pejagoan dengan Judul “Gurit Saumpama” (Juara III). (BK/dRiz)



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
admin@beritakebumen.info

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!